Tutorial Shalat Tarawih Sendiri di Rumah

Tutorial Shalat Terawih Sendiri di Rumah – Bulan suci ramadhan tentu sangat identik sekali dengan berbuka puasa, sahur, serta shalat terawih yang menjadi kewajiban selain menjaga hawa nafsu, haus dan lapar. Namun saat ini karena adanya pandemi covid-19 menjadi hal yang masih ditakuti sebagian orang untuk melaksanakan terawih di masjid. Bukan tanpa sebab, karena sampai saat ini baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat menyatakan agar tetap menjaga diri dari hal corona, maka dari itu, sebagian masyarakat ada yang shalat terawih sendiri di rumah. Salah satuya adalah kamu yang membaca serta mencari tahu tentang hal itu.

Baca juga : Cara Mengikuti Kuis Sahur Segerr TRANS7

Biasanya shalat tarawih dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di masjid. Shalat tarawih berjamaah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Tetapi mereka yang uzur atau sekarang dalam kendala pandemi covid-19 untuk berjamaah dapat melakukan shalat tarawih sendiri di rumah maupun baik di masjid dengan mengikuti aturan protokol yang berlaku sesuai dengan anjuran yang ada.

Kondisi tersebut membuat umat muslim tidak bisa menjalani ibadah sholat berjamaah di masjid, termasuk sholat tarawih. Pemerintah sebelumnya telah mengimbau masyarakat melakukan karantina mandiri di rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19. Namun tidak semuanya berlaku untuk shalat terawih dirumah, banyak sekali juga yang melaksanakan kegiatan tersebut dengan pergi ke masjid.

Niat Shalat Tarawih di Rumah

Berikut ini merupakan lafaz atau niat yang kamu gunakan dalam shalat tarawih biar afdol dalam bentuk tulisan alqur’an dan versi abjad biasa biar kamu cepat paham sekaligus dengan artinya. Kamu tinggal sesuaikan saja, apakah dirumah dilakukan sendiri atau berjamaah agar lafaz nya sesuai.

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

Lafal niat ini diharapkan membantu kemantapan seseorang dalam memasang niat ketika takbiratul ihram. Sedangkan niat ini menjadi penting karena, bagi mazhab syafi’i, shalat Tarawih tanpa niat yang memadai berdampak pada keabsahan shalat Tarawih itu sendiri. Sedangkan lafal “sunnah Tarawih” dapat diganti dengan “shalat malam Bulan Ramadhan,” atau “bagian dari shalat Tarawih.”

Tutorial Tarawih di Rumah

Umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir. Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Baca juga : Link Grup WA Sahur Ramadhan 2021

Setelah itu disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Untuk tata cara sholat tarawih sendiri di rumah sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

Tutorial Shalat Tarawih Sendiri

Buat kamu yang masih bingung dengan penjelasan diatas, admin akan merincikan secara singkat dan tentunya sesuai dengan apa yang memang dikerjakan teman-teman semua untuk shalat terawih dirumah sendiri.

  1. Takbiratul Ihram
  2. Membaca Doa Iftitah
  3. Membaca Surat Al-Fatihah
  4. Membaca Surat Alquran
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
  9. Sujud Kedua
  10. Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.
  11. Membaca Surat Al-Fatihah
  12. Membaca Surat Alquran
  13. Ruku’
  14. I’tidal
  15. Sujud
  16. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
  17. Sujud Kedua
  18. Tasyahhud Akhir
  19. Salam

Kesimpulan

Itulah beberapa tutorial serta lafaz niat ketika kamu ingin shalat tarawih dirumah maupun di masjid dengan melihat kondisi apakah sendirian atau berjama’ah. Pastikan juga selalu mentaati peraturan agar terhindar dari yang namanya corona-19.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *