Whatsapp VS Telegram VS Signal

Whatsapp VS Telegram VS Signal – Awal tahun 2021 ini, menjadikan momentum bagi aplikasi media sosial dalam perang fitur dan perang kenyaman pengguna dari aplikasi Whatsapp, Telegram dan Signal. Selain itu setiap aplikasi akan memastikan kemanan pengguna agar terhindar dari aksi pencurian akun atau dikenal dengan istilah hacking.

Baca juga : Konten Player Apk

Tahukah kamu, awal tahun ini jadi ajang perang antara media sosial raksasa seperti whatsapp dan telegram. Namun baru baru ini penantang terbaru datang yakni dari aplikasi Signal. Aplikasi Signal langsung banyak yang download dan pengguna akibat dari cuitan Elon Musk.

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan masing masing ketiga media sosial, alangkah lebih baiknya simak penjelasan tentang tiap-tiap aplikasi yuks.

Whatsapp

Whatsapp Memperbarui Kebijakan Privasi

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan paling populer saat ini yang memiliki fitur seperti pesan yang terenkripsi, membuat story pendek, status, membuat perkumpulan grup bersama anggota, video call dan lain sebagainya.

Telegram

Telegram VS Whatsapp

Telegram adalah sebuah aplikasi chatting yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan, foto, video, audio dan juga file atau dokumen yang terenkripsi. Telegram dapat digunakan di berbagai sistem operasi misalnya Android,Windows OS, iOS, MacOS, dan Linux OS dengan bersamaan.

Signal

whatsapp vs signal

Signal adalah aplikasi yang hampir sama dengan kegunaan whatsapp dan telegram, namun signal sendiri penantang terbaru untuk aplikasi chatting di awal tahun 2021 ini.

Baca juga : Aplikasi Signal Pengganti Whatsapp

Signal menggunakan Open Whisper System untuk end-to-end mengenkripsi semua percakapan secara default. Tidak hanya itu algoritma enkripsi open-source (karenanya, terbuka untuk dicermati), tapi juga direkomendasikan oleh ahli crypto dan penulis referensi standar “Kriptografi Terapan”, Bruce Schneier.

Apakah aplikasi ini dapat melampui para pendahulunya sebagaimana aplikasi chatting terbaik? Patut kita tunggu kiprahnya.

Signal vs Whatsapp

Bagaimana jika kita bedah mana yang lebih unggul dari sisi fitur dan pengguna dalam penggunaan aplikasinya.

Dirangkum dari Cnet, agak sulit mengalahkan Signal dalam urusan privasi. Aplikasi ini disebut tidak menyimpan data penggunanya sama sekali. Hal ini juga diungkap oleh Forbes yang memaparkan perbandingan metadata dari berbagai aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp, iMessage, Facebook Messenger, dan Signal. Dari tabel yang ditampilkan, Signal tidak menghimpun data apa pun dari penggunanya, selisih yang jauh berbeda dari metadata yang dihimpun WhatsApp dan Facebook Messenger.

Dari sisi keamanan dan perlindungan terhadap pengguna tentu Signal menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang suka dengan kemanan Privasi.

Telegram vs Whatsapp

Jika dilihat dari sisi jumlah pengguna dan download tentu Whatsapp menjadi yang terbaik, namun apakah dengan jumlah pengguna yang lebih dari 5M download akan lebih baik dari telegram?

Baca juga : Aplikasi Tembus Pandang Android

Jawaban belum tentu tidak ya, karena Telegram punya layanan penyimpanan Cloud. Ini berarti semua pesan teks, gambar, video, dokumen dan file lainnya dapat disimpan di sana. Kita bisa bebas melakukan login dan logout beberapa kali dari sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa perlu kehilangan data kamu lho.

yang kedua dari sisi mengirim foto di WhatsApp, ukuran foto, resolusi dan kualitas foto akan mengecil secara otomatis. Sehingga, jika kamu perlu mengirim file asli, kamu harus mengirimnya lewat fitur dokumen.

Whatsapp vs Telegram vs Signal

Saatnya kita akan mencoba menelaah sekaligus mengcompire mana yang menurut kamu terbaik ya. Lihat pada tabel dibawah ini.

Whatsapp vs Telegram vs Signal, Mana Yang Lebih Aman?

Berikut admin berikan penjelasan jika dilihat dari sisi kemanan pengguna dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh ketiga aplikasi yakni Whatsapp, Telegram dan Signal.

Pengumpulan Data Dari Whatsapp
  • ID Perangkat
  • Identitas pengguna
  • Data Periklanan
  • Sejarah Pembelian
  • Lokasi
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Kontak
  • Interaksi Produk
  • Data Kerusakan
  • Data kinerja
  • Data Diagnostik Lainnya
  • Informasi pembayaran
  • Dukungan Pelanggan
  • Interaksi Produk
  • Konten Pengguna Lainnya
Pengumpulan Data Dari Telegram
  • Info kontak
  • Kontak
  • Identitas pengguna
Pengumpulan Data Dari Signal
  • Tidak ada
  • Ini hanya menyimpan nomor telepon Kamu

Jika dilihat dari sisi pengumpulan data yang dilakukan oleh ketiga media sosial, tentu admin akan menyarankan Signal. Hanya mengambil data nomor HP kamu saja.

Kesimpulan

Jika melihat dari sisi jumlah pengguna, tentu yang akan menang adalah Whatsapp, karena whatsapp salah satu aplikasi yang paling tua diantara ketiganya.  Untuk masalah fitur, tentu admin akan menyarankan kamu menggunakan aplikasi telegram, jumlah pengguna juga sudah banyak digunakan oleh orang indonesia. Dari sisi keamanan, tentu yang terbaik adalah aplikasi pendatang baru yakni aplikasi Signal.

Sudah jelaskan beberapa kategori dari sisi admin untuk merekomendasikan kamu dalam memilih ketiga aplikasi diatas. Semuanya punya plus dan minus, tergantung kamu mana yang paling disukai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *