Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows – Berbicara mengenai aplikasi tentu tidak asing lagi dengan istilah Install dan Uninstall, karena memang keduanya berhubungan erat dengan ketika masuk ranah sebuah aplikasi atau software baik untuk laptop maupun komputer. Terkadang ada kalanya pengguna ingin menghapus aplikasi yang sudah di install oleh pengguna, baik untuk membebrikan ruang penyimpanan agar tidak terlalu memakan hardisk atau SSD mapun alasan lain seperti jarang digunakan atau bahkan kamu tidak tahu sama sekali apa fungsi dari aplikasi tersebut teman-teman semuanya.

Baca juga : Arti Dari Kata Multikultur Adalah

Biasanya untuk melakukan pekerjaan di laptop dan komputer, seorang pengguna menggunakan beberapa aplikasi yang dibutuhkan, dan tentu juga pengguna harus mendownload atau mengunduh beberapa aplikasi yang memang diperlukan seperti Microsoft Office, Adobe, PDF Reader, IDM, aplikasi browser, media sosial serta beberapa aplikasi pendukung lainnya. Selain itu juga terkadang mendownload beberapa aplikasi untuk hal hiburan atau yang lainnya seperti game, pemutar musik serta video.

Uninstall Aplikasi Laptop

Dengan menghapus permanen serta mencopot beberapa aplikasi yang tidak berguna atau jarang digunakan, kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan performa laptop agar semakin baik. Selain aplikasi atau program, kamu juga bisa membuang file-file sampah yang sudah menumpuk karena lamanya kamu menggunakan laptop atau komputer tersebut. Dengan demikian ruang penyimpanan laptop bisa kembali menjadi lebih lega lagi. Hal ini tentu kewajaran sekali teman-teman semua, mengingat betapa pentingnya kecepatan akses dari laptop yang kamu gunakan, untuk itu perlunya untuk menghapus aplikasi yang memang tidak kamu gunakan.

Cara Uninstall Aplikasi Laptop

Untuk bisa menguninstall sebuah aplikasi maka kamu dapat menggunakan beberapa cara yang biasanya admin gunakan, seperti menggunakan control panel maupun menggunakan aplikasi khusus seperti Revo Uninstaller Pro. Namun untuk yang pertama admin akan memberikan tutorial mengenai cara Uninstall Aplikasi Laptop menggunakan fitur dari windows itu sendiri.

Baca juga : Cara Membuat tautan Grup WA Tanpa Admin

Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Pastinya kamu bisa mengguanakan fitur dari windows 10, salah satunya adalah Start Menu yang merupakan fitur pada sistem operasi Windows yang menyediakan akses cepat ke berbagai program, folder, dan pengaturan sistem. Pada Windows 10, kamu bisa mengklik tombol Windows di sudut kiri bawah taskbar yang ada di layar PC atau menekan tombol Windows yang ada di keyboar untuk membuka Start Menu.

Setelah itu maka kamu membuka Start Menu, pilih aplikasi yang akan diuninstal lalu klik kanan pada mose atau mouse pad dilaptop kamu, kemudian kamu pilih Uninstall. Pastikan kamu mengarahkan ke aplikasi yang ingin kamu hapus permanen teman-teman semuanya.

Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Control panel merupakan sebuah komponen dari Microsoft Windows yang berisi fasilitas-fasilitas untuk melihat dan mengatur pengaturan sistem yang ada dalam laptop dan komputer. Untuk menguninstall aplikasi melalui Control Panel, kamu terlebih dahulu harus membuka Control Panel baik melalui :

  1. Fitur Search & Cortana
  2. Power User (shortcut tombol Windows + X -> Control Panel)
  3. Windows Run (shortcut Windows + R -> ketik Control Panel)
  4. Command Prompt (masukkan perintah “Control Panel”)
  5. Windows PowerShell (masukkan perintah “Control Panel”).

Setelah Control Panel terbuka pada layar laptop atau komputer yang kamu punya, kemudian kamu bisa pilih dan klik Uninstall a Program. Pilih aplikasi yang ingin kamu uninstall, lalu klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Tunggu dan ikuti sampai proses uninstall selesai.

Uninstall aplikasi Windows Melalui Settings

Buat kamu yang ingin cara lain dari uninstall aplikasi, bisa menggunakan cara dibawah ini dan tentunya masih tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut tutorialnya ya :

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Reface App

  1. _Pertama pastikan kamu untuk mengklik menu Start
  2. Lalu pilih Settings > Apps > Apps & features.
  3. Dari daftar yang disajikan, pilih aplikasi yang ingin dihapus
  4. Lalu klik tombol “uninstall” di bawah nama aplikasi
  5. Terakhir, konfirmasi dengan klik “uninstall” lagi

Menghapus Aplikasi Dengan Revo Uninstaller Pro

Mungkin dari kamu yang yang suka tanpa harus ribet klik-klik fitur dari yang sudah disediakan sama windows, berikut admin berikan tutorial mengenai cara menggunakan Revo Uninstaller Pro untuk menghapus permanen aplikasi di laptop.

  • Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi dari Revo Uninstaller : Klik Disini
  • Jika sudah kamu download, silahkan untuk menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi dan kamu akan langsung melihat list program yang pernah kamu install pada laptop.
  • Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus atau ingin kamu uninstall.
  • klik kanan dan pilih opsi “Uninstall”.
  • Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus aplikasi yakni dengan double click pada aplikasi tersebut sampai muncul dialog box untuk mengkonfirmasi jika kita ingin menghapus aplikasi.

Kesimpulan

Banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan uninstall aplikasi di laptop dan komputer, tentunya kamu harus cari yang sangat mudah dan tanpa ribet dalam penggunaannya teman-teman semuanya. Untuk itu admin biasanya menggunakan aplikasi dari Revo Uninstaller.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *