Tutorial WordPress – Cara Install CMS WordPress Di Localhost


Dalam tutorial kali ini kami akan membagikan tutorial WordPress. Tapi sebelumnya, kami akan memberi penjelasan singkat apa itu wordpress ?,  kenapa harus menggunakan wordpress ?

 

WordPress adalah Content Management System (CMS) opensource dibawah lisensi GNU General Public License, WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP.

WordPress bisa digunakan secara gratis, bisa dijadikan sebagai platform untuk Website Pribadi, Website Perusahaan, Website Komunitas, Blog, toko online/e-commerce dan sebagainya. Pihak   WordPress juga memberikan kesempatan bagi programmer untuk berpartisipasi dalam pengembangan CMS WordPress tersebut.

 

Keamanannya ? tidak usah khawatir, WordPress memiliki jutaan pengembang di seluruh dunia bahu-membahu bekerja sama untuk menjadikan WordPress tetap powerfull dan aman untuk seluruh pengguna, setiap kali bug WordPress ditemukan dalam hitungan jam langsung mendapatkan pembaharuan dan perbaikan.

Menurut survey terbaru Content Management System (CMS) WordPress menguasai 22,5%  situs Website yang ada di internet. Beberapa website besar menggunakan WordPress, seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan sebagainya.

 





 

WordPress memiliki dua platform yaitu WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com adalah platform layanan Blogging, didirikan dan dikelola oleh perusahaan Automattic. Platform ini sama jenis dengan platform yang di kelola oleh Google yaitu Blogger, pengguna cukup mendaftar maka akan langsung bisa mengelola blog tersebut tanpa harus melakukan instalasi dan sebagainya, tapi kekurangannya tidak bisa melakukan kostumisasi template, plugin dan lain-lain.

WordPress.org berbeda dengan WordPress.org platform ini dikhususkan untuk developer, bisa diinstall di server pribadi maupun layanan hosting, pengguna bisa mendownload CMS WordPress dan mengelolanya sendiri baik template, plugin dan lain sebagainya.

 

Demikian untuk penjelasan singkatnya, saat ini kita langsung saja masuk ke tahap untuk instalasi.

Sebelumnya sobat download terlebih dahulu CMS WordPress di situs resminya disini WordPress.org saat ini rilis terbaru (Versi 4.8.3).

Bagi sobat pengguna Windows dan menggunakan XAMPP sebagai webserver lokal silahkan buka direktori C:/xampp/htdocs kemudian buat folder baru dan beri nama wordpress kemudian copy/paste dan ekstrak WordPress yang sudah di download tadi kedalam folder wordpress tersebut. 

Dan untuk sobat pengguna Linux, silahkan buka direktori /var/www/html buat folder baru dan beri nama wordpress kemudian copy/paste dan ekstrak WordPress yang sudah di download tadi kedalam folder wordpress tersebut.

 

Langkah selanjutnya, buka web browser sobat dan buka link http://localhost/wordpress, maka akan langsung diarahkan ke halaman untuk instalasi, jika sudah siap silahkan sobat klik tombol Let’s go!.

Sebelumnya kita persiapkan dulu databasenya, jika sobat menggunakan phpmyadmin atau sebagainya silahkan buat database dengan nama wordpress.

 

Dihalaman ini silahkan untuk Database Nama silahkan sobat isikan nama database yang sudah dibuat tadi misalnya wordpress, kemudian username dan password diisi sesuai dengan username dan password database sobat, untuk username dan password saya root, Database Host diisi localhost dan Table Prefix tetap wp_ kemudian klik tombol Submit.

 

Jika sobat menemui error seperti ini jangan kuatir, masuk kembali kedalam direktoriWordPress tadi kemudian buat satu file dan beri nama wp-config.php kemudian buka file tersebut mengunakan text editor seperti notepad, notepad++, sublime text, atom dan sebagainya lalu pastekan script yang berada di dalam textbox pada halaman tadi. Jika sudah selesai klik tombol Run the install.

 





 

Selanjutnya kita akan diarahkan kehalaman untuk mengisi informasi website seperti Judul Website, username dan password. Silahkan sobat sesuaikan dengan keinginan sobat. Setelah terisi semua klik tombol Install WordPress.

 

Taraaaaaaaaaa,,, WordPress berhasil diinstal di Localhost milik sobat, silahkan klik tombol login dengan memasukan username dan password yang sudah sobat buat tadi.

 

Jika berhasil melakukan login maka kita akan masuk ke halaman dashboard, dihalaman ini kita bisa membuat, edit, hapus postingan, merubah tema, menambahkan plugin, dan sebagainya. Tutorial tersebut akan diulas di bagian selanjutnya.

 

Untuk melihat tampilan depan, silahkan sobat buka link http://localhost/wordpress

 

Selamat mencoba.

Jika sobat memiliki kritik, masukkan maupun pertanyaan silahkan menuliskannya di halaman komentar dibawah, atau menghubungi kami melalui halaman kontak.