Tutorial Menghapus Data PHP/MySQL Melalui Konfirmasi Bootstrap Modal

May 28, 2017 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / PHP, Tutorial


Halo sobat, dalam artikel kali ini kita akan membagikan tutorial menghapus data di dalam database MySQL melalui modal konfirmasi Bootstrap.

Tutorial kali ini adalah lanjutan dari Tutorial Membuat Form Serta Melakukan Edit/Update Data Dinamis di Dalam Modal Bootstrap. Untuk script dari tutorial sebelumnya silahkan sobat download disini.

Baca Juga 

Oke, langsung saja, untuk tutorial kali ini alurnya ketika melakukan penghapusan data perintah/query untuk menghapus data di dalam database tidak akan langsung dilakukan dan sebelumnya akan muncul alert/konfirmasi apakah data akan benar-benar dihapus atau tidak.





Langkah pertama,  setelah sobat mendownload file dari tutorial sebelumnya silahkan sobat ekstrak file tersebut ke dalam localhost dan export tabelnya kedalam database.

Langkah selanjutnya sobat buka file bootstrap.php dan pastekan potongan script berikut di dalam tabel, script ini untuk menambah tombol yang akan mengeksekusi perintah hapus.

 

kemudian pastekan script untuk tampilan modalnya :

Kemudian pastekan potongan script Javascript di bawah ini, script ini akan jalan ketika tombol perintah hapus yang berada di dalam modal bootstrap ditekan maka akan langsung mengarahkan ke file hapus.php (berdasarkan parameter data-href=’hapus.php?id=”.$row[‘id’].”) dengan membawa parameter id dari baris data tersebut.

DIbawah ini full script dari bootstrap.php  :

 





Langkah selanjutnya setelah itu sobat buat file baru dan beri nama hapus.php dan pastekan script dibawah ini :

 

Script query yang ada di dalam file hapus.php adalah untuk melakukan perintah melakukan penghapusan data berdasarkan id dari parameter data-href=’hapus.php?id=”.$row[‘id’].” ketika data berhasil dihapus maka akan langsung diarahan kembali ke halaman bootstrap.php dan jika ada gagal melakukan penghapusan data maka akan tampil halaman error.

 

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan silahkan sobat jalankan file bootstrap.php. Jika tidak ada error hasilnya akan seperti ini :

Dan ketika ditekan tombol hapus maka datanya akan terhapus secara otomatis, jika ditekan tombol batal datanya akan tetap ada dan tampilan modal akan hilang.

Demikian artikel tutorial kali ini, untuk script ini bisa di download disini.

 

Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca tutorial ini. Jika ada kritik, saran maupun masukkan silahkan menuliskannya di dalam kolom komentar yang ada di bawah ini.





Baca Juga :


Tags: , , , , , , , ,