Tutorial Laravel – Cara Mudah Instalasi Framework Laravel


Halo sobat, saat ini Framework Laravel adalah salah satu Framework atau Kerangka Kerja yang populer dan banyak digunakan oleh para pengembang Aplikasi berbasis Web. Sejarah singkat dari Framework Laravel ini dibuat oleh Taylor Otwell sekitar bulan April 2011. Saat ini versi dari Framework Laravel sudah mencapai versi 6.

Untuk instalasi ada beberapa cara yaitu melalui Via Laravel Installer dan Via Composer Create-Project

Laravel menggunakan Composer untuk mengelola dependensinya. Jadi, sebelum menggunakan dan menginstall Laravel, pastikan Composer sudah terinstall di perangkat anda. Untuk cara instalasi Laravel sama saja, asalkan Composer sudah terinstall di perangkat anda.

Baca juga : Tutorial Instalasi Composer di Linux (Ubuntu dan Linux Mint)

Sebelum memulai instalasi pastikan anda mengarahkan dulu tujuan atau direktori folder tempat anda ingin menaruh semua file-file sistem dari laravel ini :

Jika anda menggunakan XAMPP di OS Windows, ketikkan perintah :

Jika anda menggunakan Linux, ketikkan perintah :

 

Instalasi Via Laravel Installer

Buka terminal anda atau command line, kemudian jika anda menggunakan sistem operasi Linux silahkan ketikkan, langkah ini membutuhkan koneksi internet jadi pastikan perangkat anda terhubung ke internet:

Selanjutnya setelah proses diatas selesai, ketikkan perintah dibawah ini untuk menginstall Framework Laravel :

Ketika perintah diatas dijalankan maka proses instalasi mulai berjalan.

 

Via Composer Create-Project

Selanjutnya cara menginstal Laravel dengan menggunakan perintah dibawah ini :

Penjelasan singkat :

  • create-project adalah perintah untuk membuat proyek baru
  • –prefer-dist adalah perintah untuk mendownload laravel versi stabil dan terbaru
  • belajar_laravel adalah perintah untuk membuat nama folder yang anda inginkan

 

Jika salah satu proses instalasi diatas sudah dilakukan silahkan menunggu beberapa saat, proses download dan instalasi yang cepat atau lambat tergantung dari kecepatan koneksi dari internet anda.

Jika sudah selesai proses instalasi tampilannya akan seperti ini, Framework Laravel anda telah berada di dalam folder belajar_laravel :

 

Tetap di terminal kemudian buka direktori  /var/www/html/belajar_laravel dan untuk menjalankan Framework Laravel ini silahakan perintah php artisan serve, maka akan muncul tampilan seperti ini, coba anda perhatikan muncul tulisan Laravel development server started: http://127.0.0.1:8000 itu artinya Laravel Development Sistem sudah berjalan silahkan anda buka url http://127.0.0.1:8000, kemudian buka url http://127.0.0.1:8000 di browser anda, pastikan anda tidak menutup tampilan terminal tadi, jika di tutup maka Laravel development server akan berhenti.

Jika di browser anda muncul seperti gambar diatas, maka selamat berpetualang dengan Framework Laravel.

Demikian untuk tutorial ini, semoga bisa membantu.