Tutorial Instalasi Composer di Linux (Ubuntu dan Linux Mint)


Apa itu composer ? Composer adalah alat manajemen poaket untuk PHP, composer ini mirip seperti tool manajemen paket NPM untuk NodeJs maupun Bundle untuk Ruby. Dengan menggunakan composer ini kita dapat mendefinisikan pustaka yang diperlukan untuk proyek kita dan menginstal dengan composer dalam perintah tunggal sesuai dengan paket yang tersedia di Packagist. Jika kita butuh script tertentu, dependensi, dan melakukan update cukup menggunakan Composer, maka Composer akan mengunduh dan menginstall script yang dibutuhkan.

Untuk menggunakan composer pastikan perangkat anda sudah terinstall PHP versi 5.3 atau lebih, Composer ini multi platform bisa digunakan di Linux, macOS dan Windows.

Install Composer

Buka terminal kemudian masukan perintah dibawah ini :

 

Kemudian masukkan perintah dibawah ini untuk membuat composer tersedia secara global untuk semua pengguna di sistem Anda, agar dapat digunakan untuk semua aplikasi PHP pada sistem anda tersebut :

Setelah melakukan instalasi composer di sistem Anda. Coba ketikkan perintah  Composer  pada terminal, jika hasil outpunya seperti dibawah ini berarti Composer sudah berhasil diinstal.