Tutorial Inkscape – Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator Menggunakan Inkscape

February 18, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Inkscape


Saat ini software pengolah grafis milik Adobe yaitu Adobe Illustrator atau disingkat Ai sudah menjadi standar industri dalam hal desain vektor, ilustrasi, dll dalam dunia Desain Grafis. Sebagian besar desainer grafis mulai dari yang mahir sampai yang baru belajar pasti menggunakan software ini.

Tapi banyak juga desainer grafis yang menggunakan software gratisan seperti Inkscape untuk menciptakan karya grafis digital. Dengan perkembangan yang begitu baik dari tahun ke tahun fitur-fitur yang ada di Inkscape tidak kalah dengan fitur-fitur yang ada di Adobe Illustrator. Untuk menggunakan software Inkscape ini kita tidak harus menggeluarkan sepeserpun untuk membeli lisensi dari software ini, berbeda dengan Adobe Ilustrator untuk menggunakannya harus membeli lisensi terlebih dahulu, untuk biaya lisensi pertahun sekitar 3 jutaan bisa dilihat disini.

Diluar sana ada begitu banyak juga freelancer-freelancer desainer grafis yang menggunakan software Inkscape ini untuk mencari nafkah, tapi yang masih menjadi kendala yaitu kebanyakan klien baik perusahaan-perusahaan meminta file berekstensi .ai (Adobe Illustrator) sebagai salinan dari hasil yang sudah dikerjakan dan yang menjadi kendalanya adalah Inkscape tidak menyediakan fitur untuk melakukan penyimpanan file ke dalam format .ai ini.

 

Dan ternyata walaupun Inkscape tidak menyediakan fitur tersebut kita bisa mengakalinya dengan cara :

Cukup Save As melalui software Inkscape tapi untuk formatnya gunakan Portable Document Format  (.pdf) atau PDF

 

Kemudian file yang sudah disimpan kedalam format PDF tadi diubah ekstensi filenya dari .pdf diganti menjadi .ai (format Adobe lllustrator)

 

Dengan cara ini dipastikan file yang dibuat dari software Inkscape bisa dibuka menggunakan software Adobe Illustrator.

Tapi masih ada yang menjadi kendala yaitu, karena modul Adobe Illustrator berbeda dengan Inkscape, jika dalam desain tersebut mengandung clip, mask, filter, blurs, objek dengan opacity kurang dari 100% dipastikan tidak akan tampil secara sempurna di software Adobe Illustrator.

 

 

Jangan lupa juga sebelum melakukan konversi dengan file PDF format text harus diubah menjadi Path, untuk menjaga agar desain text yang menggunakan font tersebut bisa tampil secara sempurna jika font yang digunakan dalam desain tersebut tidak tersedia di dalam laptop/PC dari klien.

 

Demikian untuk artikel kali ini. selamat mencoba.

Jika sobat memiliki kritik, saran, pertanyaan ataupun masukkan silahkan menuliskannya di dalam kolom komentar dibawah.

 

Baca Juga :


Tags: , , , , , , ,