Tutorial Inkscape – Cara Generate QR Code di Inkscape

November 27, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Inkscape


Dalam tutorial Inkscape kali ini kita akan belajar cara generate QR Code.

Untuk memulai silahkan sobat klik Tab Extensions -> Render -> Barcode -> QR Code, untuk tampilannya seperti dibawah ini.

Untuk menggunakannya sangat mudah, sobat tinggal memasukkan teks di dalam kolom Text, bisa dengan mengisinya dengan karakter huruf, angka maupun karakter dalam simbol tertentu. Misalnya diisi dengan text https://www.tondanoweb.com. Setelah itu silahkan klik tombol apply maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Nah, setelah QR Code tersebut telah muncul silahkan klik objek tersebut kemudian Ungroup (shift + ctrl + U)  setelah itu hapus kotak berwarna putih di belakang QR Code tersebut.

Di dalam QR Code terebut diantara kotak-kotak terdapat garis horizontal dan gariz vertikal berwarna putih, untuk menghilangkannya terlebih dahulu blok semua kotak-kotak QR Code tersebut kemudian kita gabungkan dengan menggunakan fitur Union,  klik tab Path -> Union (Ctrl + +).

Untuk menguji apakah QR Code yang kita generate hasilnya sesuai dengan teks yang kita simpan di dalam QR Code tersebut. Silahkan export QR Code yang telah dibuat tapi sebelumnya tambahkan background kotak berwarna putih di belakang QR Code tersebut kemudian export.

 

Setelah itu buka website QR Code Reader https://webqr.com/ kemudian upload gambar yang telah kita export tadi ke dalam web tersebut.

Demikian untuk tutorial kali ini, selamat mencoba 🙂

Baca Juga :


Tags: , , ,