Tutorial Codeigniter – Tutorial Cara Menggunakan Jquery DataTables di Codeigniter (Bagian Kedua)

May 17, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Codeigniter


Pada artikel yang pertama kita sudah belajar cara menamplilkan data ke dalam Plugin Jquery Datatables, walaupun data tersebut masih data dummy atau sample data.

Karena ini adalah lanjutan dari Tutorial pada bagian Pertama, untuk melanjutkan tutorial bagian kedua ini sebaiknya sobat ikuti tutorial atau cara-cara yang ada di tutorial pada bagian pertama Tutorial Cara Menggunakan Jquery DataTables di Codeigniter (Bagian Pertama).

Dalam artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara menampilkan data yang berada di dalam database MySQL atau database lainnya ke dalam Plugin Jquery Datatables.

Untuk melakukan passing data dari database ke dalam tampilan tabel Jquery Datatables kita akan menggunakan metode Serverside Proccessing https://datatables.net/manual/data/#Server-side-processing.

Sebelum lanjut, kita harus menambahkan librari tambahan ke dalam framework codeigniter, silahkan sobat buka Application ⇒ Libraries kemudian buat sebuah file baru dan beri nama SSP.php setelah itu pastekan script dibawah ini.

 

 

Model

Kembali ke direktori folder Codeigniter sebelumnya buka folder Application ⇒ Model kemudian buat sebuah file dan beri nama Model_datatables.phpkemudian pastekan script dibawah ini.

Script diatas adalah script Jquery Datatables untuk pengambilan atau menampilkan data dengan teknik Serverside Processing.

Baris 17 – 24 berfungsi untuk mengambil data karyawan, sobat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kolom-kolom data apa saja yang ingin ditampilkan.

Baris 27 – 33 berfungsi untuk konfigurasi database, silahkan sesuaikan dengan konfigurasi yang ada di database yang sobat miliki.

Baris 40 – 42 berfungsi untuk menampilkan data ke dalam format data JSON.

 

Controller

Buka kembali file Datatables.php yang berada di folder Application ⇒ Controller kemudian tambahkan potongan script dibawah ini.

Script diatas berguna untuk memanggil atau meload Model_datatables.php yang berada di folder Model setiap kali Controller Datatables ini dipanggil atau dijalankan.

Setelah itu tambahkan lagi potongan baris script dibawah ini.

Potongan script yang baru ditambahkan tadi berguna untuk mengambil data yang sudah di request di dalam function ambil_data pada Model_datatables.php tadi, yang nanti kemudian akan ditampilkan ke dalam Views nanti.

Untuk full code dari Datatables.php seperti dibawah ini.

 

Views

Selanjutnya buka folder Views kemudian buka file tampil_data.php, hapus sample data yang berada di dalam tabel dan rubah menjadi seperti dibawah ini.

 

Dan untuk menampilkan data ke dalam tabel kita akan menampilkan data yang sudah diambil tadi dalam bentuk JSON kemudian akan menampilkannya dengan menggunakan bantuan Jquery.

Bagian script yang ini :

diganti dengan script dibawah ini.

Untuk potongan script ini berguna untuk memanggil fungsi tampil_datatables di dalam controller Datatables yang berisi data yang berbentuk JSON.

 

Coba jalankan http://localhost/latihan/datatables/index.php/datatables di browser, jika tidak terjadi error, hasilnya akan seperti dibawah ini.

 

Download full latihan scriptnya http://tondanoweb.com/arsip/ci_datatables.zip

Demikian untuk tutorial kali ini, selamat mencoba.

Jika sobat memiliki kritik, saran, pertanyaan maupun masukkan silahkan menuliskannya di dalam kolom komentar dibawah. 🙂

 

 

Baca Juga :


Tags: , , , , ,