Review Bootstrap Studio v.4.3.1

September 04, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Bootstrap Studio


Halo.

Artikel kali ini tentang Review salah satu aplikasi yang cukup bagus untuk  mendesain sebuat tampilan website atau template. Beberapa waktu lalu admin sempat membeli salah satu aplikasi tersebut yaitu Bootstrap Studio.

Sedikit informasi bagi teman-teman yang belum tau, Bootstrap Studio adalah aplikasi untuk mendesain tampilan website, dilihat dari namanya Bootstrap Studio menggunakan dan tidak lepas dari Framework Bootstrap  yang telah banyak digunakan untuk membangun front end atau tampilan sebuah website.

 

Sebenarnya admin sempat melirik beberapa aplikasi yang kegunaannya hampir mirip dengan Bootstrap Studio yaitu Pingendo, Pinegrow dan sejenisnya beberapa sofware tersebut bisa digunakan secara gratis tapi entah kenapa hati ini seperti telah jatuh hati lebih dulu ke Bootstrap Studio akhirnya tanpa ragu-ragu dengan harapan aplikasi ini bisa membantu serta memudahkan pekerjaan agar lebih cepat selesai apalagi untuk admin yang kurang baik dalam mendesain tampilan website ataupun aplikasi web.  😀 😀 😀

Ditengah nilai tukar rupiah yang terus melemah dengan rate (Rp. 14.740) per 3 September 2018, akhirnya admin membeli juga lisensi Bootstrap Studio versi Standar dengan harga USD $29, sebenarnya ada versi Lifetime yang lebih hemat dengar harga USD $60. Perbedaan dari kedua lisensi tersebut adalah untuk lisensi Standar hanya mendapatkan upgrade perbaikan bug, versi, fitur, dll selama 1 tahun sejak pembelian dan untuk versi Lifetime bebas melakukan upgrade yang tersedia kapan saja tanpa batasan waktu. Dan jika sudah mempunyai lisensi versi standar dan ingin menguprade ke versi lifetime harus membayar biaya upgrade sebesar USD $50.

Tips bagi sobat yang ingin membeli aplikasi ini sebaiknya langsung membeli lisensi versi lifetime lebih hemat dan tanpa ada biaya upgrade di kemudian hari.

 

Bagaimana cara mendapatkan Bootstrap Studio ?

Untuk membeli aplikasi ini sobat bisa langsung menuju ke website resminya  https://bootstrapstudio.io/  jika sobat ingin mecoba dulu sebelum membeli aplikasi ini sobat bisa mencoba secara gratis dengan mengklik tombol Run Browser Demo di halaman depan website tersebut.

 

Untuk membeli sobat tinggal memilih versi apa yang ingin sobat beli Standar atau Lifetime, kemudian masukkan alamat email, negara kemudian pilih jenis pembayaran apa yang ingin digunakan, sobat bisa memilih pembayaran via Paypal, Kartu Kredit dan Wire Transfer, silahkan melakukan pembayaran. Jika sobat tidak memiliki kartu kredit, sobat bisa menggunakan VCN BNI, Jenius atau fitur-fitur bank lainnya yang mendukung pembayaran internasional.

Setelah sobat melakukan pembayaran, sistem akan melakukan verifikasi secara otomatis jika pembayaran berhasil sobat akan menerima email yang berisi link untuk mendownload software serta kode lisensi untuk aktivasi software tersebut.

 

Dukungan Sistem Operasi

Bootstrap Studio bisa diinstal di lintas sistem operasi seperti  Windows 7 keatas, macOS 10.9 keatas dan berbagai Distro Linux (termasuk Ubuntu, Debian dan Fedora). Tetapi untuk sobat yang menggunakan Chrome OS, Bootstrap Studio ini tidak mendukung OS tersebut.

 

Fitur – Fitur.

#1

Bootstrap Studio hanya mendukung source kode berbentuk HTML, CSS dan JS jadi hasil dari pengolahan aplikasi ini berbentuk Web statis yang berisi kode-kode HTML, CSS dan JS serta plugin-plugin Framework Bootstrap, Font dan sebagainya. Boostrap Studio tidak mendukung bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, Python, dll serta template yang digunakan di CMS WordPress, Drupal, Magento dan sebagainya serta tidak support dengan framework javascript seperti React, Angular dan sejenisnya.

 

#2

Bootstrap Studio mendukung Bootstrap 3 dan 4. Jika sobat pernah membuat template dengan menggunakan Bootstrap 3 sobat bisa langsung mengkonversi kerangka framework tersebut ke versi Bootstrap 4 dengan menggunakan aplikasi ini. Saat ini, Bootstrap Studio mendukung Bootstrap 3.3.7 dan Bootstrap 4.1.1.

 

#3

Jika sobat memiliki 3 komputer/laptop sobat bisa menggunakan 1 lisensi Bootstrap Studio di 3 perangkat tersebut.

 

#4

Pengembang Bootstrap Studio juga menyediakan tutorial penggunaan serta tips-tips dalam mendesain website. https://bootstrapstudio.io/tutorials/

 

#5

Pengembang juga menyertakan beberapa template premium dengan menggunakan Bootstrap 3 atau 4. Semua template ini responsif. Setiap template terdiri dari beberapa halaman dan widget yang dapat sobat pilih dan cocokkan ke situs web yang ingin sobat buat.

 

#6

Bootstrap Studio memiliki tampilan UI yang cantik, sederhana serta ringan dalam penggunaan drag and drop. Sebuah aplikasi yang lumayan bagus untuk pembuatan prototipe dan mendesain halaman web dan aplikasi.

Disebelah kiri terdapat Panel Components (atas) dan Panel Overview (bawah), di dalam Panel Components terdapat berbagai komponen seperti header, footer, galeri, slideshow, artikel, panel, form, spans, div dan lain sebagainya yang bisa digunakan dengan sangat mudah tinggal klik drag dan drop ke bagian tengah. Jika sobat memerlukan komponen yang tidak ada di dalam librari komponen yang tersedia, sobat cukup klik tab Online di dalam Panel Komponen. Di sana sudah tersedia ribuan komponen yang dibangun dan dibagikan oleh komunitas. Sobat juga dapat mengunggah komponen yang sudah sobat buat.

Untuk Panel Overview untuk melihat struktur komponen apa saja yang telah di gunakan, sobat bisa memindahkan, menghapus serta mengaturnya sedemikian rupa.

 

Dibagian tengah diberinama Stage, di bagian ini sobat bisa menambahkan berbagai komponen disini, mengedit serta menambahkan teks dan  sebagainya.

 

Dibagin sebelah kiri terdapat Panel Options (atas) dan Panel Design (bawah). Di dalam panel opsi ini terdapat berbagai pengaturan dari berbagai komponen yang sobat gunakan, seperti pengaturan ukuran, font, pewarnaan dan sebagainya. Dan untuk Panel Desain terdapat berbagai jenis file seperti file HTML, CSS, Javascript dan lainnya yang berhubungan dengan proyek yang sedang sobat kerjakan.

 

Dibagian bawah terdapat Panel HTML (sebelah kiri) dan Panel Styles (sebelah kanan), dikedua panel tersebut sobat bisa mengedit serta menambahkan kode HTML maupun kode CSS.

 

#7

Dan yang paling admin sukai dari Bootstrap Studio adalah fitur  bernama Preview. Dengan fitur ini sobat dapat membuka dan melihat langsung desain yang sedang sobat buat di browser, dan setiap perubahan yang sobat buat dalam aplikasi Bootstrap Studio akan ditampilkan secara instan tanpa sobat harus klik refresh di dalam browser.

 

#8

Meskipun sudah teredia fitur drag dan drop sobat  dapat mengimpor dan mengedit kode CSS, SASS, JavaScript, dan HTML di editor yang sudah tersedia.

 

Serta masih ada banyak lagi fitur-fitur menarik dari aplikasi Bootstrap Studio ini, berhubung admin belum sempat  menggunakan fitur-fitur lainnya yang ada di software ini jadi untuk sementara sampai disini dulu review dari software ini.

Akhir kata, meskipun diluar sana terdapat berbagai aplikasi serupa tetapi Bootstrap Studio adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mendesain website, serta aplikasi desktop yang berfungsi sepenuhnya offline dan sobat tidak membutuhkan koneksi internet kecuali jika sobat ingin mendownload komponen online atau ingin melakukan pembaharuan software. Cukup sekali bayar untuk aplikasi ini, tidak ada pembayaran bulanan.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika ada kritik, saran maupun masukkan silahkan menuliskannya di dalam kolom komentar dibawah.

Baca Juga :


Tags: , , , , , , , , ,