Pengertian Apa Itu Framework Codeigniter dan Cara Menginstall Framework Codeigniter

February 20, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Codeigniter


Apa itu Framework Codeigniter ?

 

Codeigniter adalah salah satu Framework berbasis PHP yang lumayan populer saat ini, sebelum lebih jauh melangkah kita pahami dulu apa itu Framework ?

Framework adalah kerangka kerja khususnya dalam dunia programming atau dalam pengembangan sebuah aplikasi berbasis web, mobile maupun desktop. Di dalam Framework ini sudah tersedia berbagai library, plugin, fungsi, variabel dan sebagainya jadi seorang programmer tidak harus lagi dipusingkan mencari library-library, plugin-plugin dan fungsi-fungsi, karena sudah tersedia di dalam framework tersebut atau tidak perlu mengetik kode dari awal lagi.

Khusus untuk Framework Codeigniter ini sudah banyak sekali tersedia library-library yang biasanya diperlukan dalam pengembangan sebuah website ataupun aplikasi berbasis web, mulai dari library untuk mengoperasikan database sampai library untuk masalah keamanan/autentifikasi.

Framework Codeigniter ini juga menganut Konsep MVC (Model, View, Controller). Secara garis besar Konsep MVC ini adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan Data (Model) dari tampilan (View) serta cara memprosesnya (Controller).

Framework Codeigniter ini pertama kali dibuat oleh Rick Ellis seorang musisi sekaligus juga seorang programmer, dan kemudian Framework ini dirilis pada tanggal  28 Februari 2006 dan sejak tahun 2014 sampai saat ini Framework Codeigniter ini telah dimiliki dan dikembangkan oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT) situs resminya beralamat di https://www.codeigniter.com/

Untuk saat ini, versi yang dirilis terakhir yaitu versi 3.1.7 (Stabil)British Columbia Institute of Technology (BCIT)  selaku pemilik serta pengembang dari Framework Codeigniter dan juga bantuan komunitas-komunitas programmer yang ada di seluruh dunia saat ini sedang mengembangkan Codeigniter 4 tapi masih dalam rilis kode pre-alpha1 karena belum selesai jadi belum disarankan untuk digunakan, karena masih rentan terhadap bug dan lain sebagainya.

Seperti bahasa pemrograman maupun framework lainnya Codeigniter ini memiliki dokumentasi yang sangat lengkap dan mudah dimengerti, jika sobat baru mendownload Framework ini, dokumentasi nya sudah tersedia di dalamnya (silahkan akses folder user_guide).

 

Alur Kerja Framework Codeigniter

Instalasi Framework Codeigniter.

Untuk instalasi framework codeigniter ini cukup mudah, cukup mendownloadnya di situs resmi mereka disini  atau bisa juga melalui Github

Oke, lanjut… Setelah di download silahkan di ekstrak file .zip yang sudah didownload tadi di dalam direktori server lokal milik sobat, untuk pengguna windows jika menggunakan xampp ekstrak di direktori C:/xampp/htdocs/codeigniter dan jika menggunakan linux di direktori /var/www/html/codeigniter.

Struktur foldernya kurang lebih seperti dibawah ini.

 

Setelah itu, silahkan sobat panggil melalui browser http://localhost/ diikuti nama direktori tempat mengintal tadi, misalnya http://localhost/codeigniter

Jika tampilan, sudah seperti gambar dibawah ini, berarti Instalasi berhasil dilakukan.

 

Baca Juga :


Tags: , , , , , , , ,