Pedulilindungi Cek dan Periksa Sertifikat Vaksin

Pedulilindungi Cek dan Periksa Sertifikat Vaksin – Setiap waktu pemerintah selalu menyerukan untuk masyarakat melakukan vaksinasi ditempat asal, hal ini untuk membentengi badan kamu dari pandemi covid-19. Sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 ditempatmu? Jika sudah maka kamu harus segera untuk mengunduh atau mendownload sertifikat vaksin di situs atau aplikasi PeduliLindungi. Setelah divaksinasi, masyarakat mendapatkan Kartu Vaksinasi COVID-19 juga sertifikat vaksin yang bisa diunduh juga. Karena syarat perjalanan saat ini atau ketika kamu mendapatkan dana bantuan desa, selain harus melalui swab, maka kamu harus sudah mendapatkan bukti vaksinasi.

Baca juga : SF Tool Apk Download Free Fire

Cara cek dan periksa sertifikat vaksin Covid-19 ini cukup mudah teman-teman semuanya, karena bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel maupun komputer yang terkoneksi dengan internet. Setelah cek dan download sertifikat vaksin Covid-19, kamu bisa langsung menyimpannya. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi mencetak hasil download sertifikat vaksin Covid-19 tersebut. Cukup dengan memberikan hasil download dari vaksinasi yang sudah tersimpan pada ponsel kamu sendiri.

Pedulilindungi Periksa Sertifikat

Jika merujuk pada data di covid19.go.id, jumlah masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 tahap pertama sebanyak 30.184.392 juta per 1 Juli 2021. Pada periode yang sama, jumlah vaksin Covid-19 tahap kedua baru mencapai 13.624.157 orang. Untuk bisa download sertifikat vaksinasi, masyarakat harus terlebih dahulu membuat akun Peduli Lindungi. Akun ini yang nantinya akan memproses sertifikat kamu yang di cocokkan dengan data seperti NIK.

Pedulilindungi Periksa Sertifikat

Sertifikat vaksinasi Covid-19 kini menjadi salah satu syarat perjalanan jarak jauh bagi yang ingin bepergian ke luar daerah, selain hasil tes RT-PCR dan hasil tes swab antigen. Penetapan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalanan jarak jauh bersamaan dengan penerapan PPKM Darurat yang dilakukan tepat pada 3-20 Juli 2021. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, syarat ketat wajib vaksinasi Covid-19 merupakan upaya menekan mobilitas orang.

Baca juga : Nama Aplikasi Baru Alfamart

Sertifikat vaksin adalah tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini akan menunjukkan apakah seseorang belum di vaksin, sudah mendapat suntikan pertama, atau sudah selesai semua tahap vaksinasi hingga suntikan kedua. Sebab, vaksinasi Covid-19 harus melewati dua tahap penyuntikan.

Pedulilindungi Cek Sertifikat Vaksin ke 1 Login

Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya agar bisa mengecek sekaligus mengundung file agar bisa kamu simpan pada ponsel kamu sendiri, yuk simak terus penjelasan dari admin secara lengkap dibawah ini menggunakan 2 cara yang bisa kamu coba cara unduh sertifikat vaksin covid.

Cek Sertifikat Vaksin Melalui Website Pedulilindungi

  • Pertama kamu buka saja website dari Pedulilindungi : Klik Disini 
  • Pilih menu Registrasi Vaksin dan Login Sekarang (jika sudah punya akun). Jika belum punya akun, klik pilihan Buat akun PeduliLindungi.
  • Maka selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan Nama Lengkap, NIK, dan Nomor Ponsel.
  • Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim oleh PeduliCovid melalui SMS.
  • Setelah itu, di pojok kanan bagian atas, klik Nama Akun (bagi pengguna ponsel, klik ikon 3-strip lalu pilih NAMA AKUN).
  • Pilih menu SERTIFIKAT VAKSIN.
  • Klik Nama untuk memunculkan sertifikat vaksin, lalu klik Unduh untuk menyimpan sertifikat tersebut.
  • Selesai.

Caranya cukup mudah sekali kan teman-teman semuanya, ini sangat cocok buat kamu yang belum instal aplikasi dari PeduliLindungi, karena memang cukup hanya menggunakan website saja.

Pedulilindungi Cek Sertifikat Vaksin Dengan Aplikasi

Selain menggunakan website yang sudah admin ulas diatas, kamu juga bisa lho menggunakan aplikasi yang bisa kamu download melalui layanan google play store.

Baca juga : Cara Jadi Istri Member BTS

  1. Pertama kamu harus mendownload dan menginstal aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store.
  2. Mengisi identitas diri berupa nama lengkap dan memasukkan nomor ponsel kamu yang aktif.
  3. Mengisi kode OTP untuk verifikasi data, kode OTP dikirimkan ke nomor HP yang dicantumkan.
  4. Maka secara otomatis pengguna akun diarahkan ke kolom Beranda
  5. Melengkapi identitas diri dengan menyertakan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
  6. Cek feature sertifikat vaksin
  7. Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
  8. Unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama/kedua
  9. Sertifikat vaksin COVID-19 online masuk ke dalam gallery/image masing-masing pengguna.
  10. Selesai.

Kesimpulan

Itulah dua cara yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan untuk mengecek serta perikasa sertifikat vaksin yang ke-1 atau yang pertama. Bisa melalui website secara langsung maupun menggunakan aplikasi yang bisa kamu download melalui layanan google play store maupun App Store.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *