Panduan Aplikasi Dapodik 2022, Cara Download dan Instal

Panduan Aplikasi Dapodik 2022, Cara Download dan Instal – Data Pokok Pendidikan atau yang sering dikenal dengan nama Dapodik adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara online tentunya.

Baca juga : Tutorial Cara Mendapatkan Titik Koordinat Alamat Rumah

Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan yang ada di daerah maupun langsung diterima oleh pusat. Tentu hal ini menjadi acuan sekolah melalui Operator Sekolah dalam mengisi atau meng-entry data dari sekolah mengenai Pendidik, Tenaga Pendidik serta apapun yang melibatkan sekolah di dalamnya.

Download Dapodik 2022 Versi Terbaru

Pada setiap sekolah baik itu di untuk jenjang SD, SMP, SMA sederajat pasti memiliki seorang operator Dapodik. Dapodik merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah yang menjadi acuan sekolah dalam menjalankan program sekolah, informasi serta yang lain-lain yang berhubungan dengan Tenaga pendidik, peserta didik serta administrasi yang lain. Hal ini untuk memberikan informasi yang valid melalui seorang operator, maka dari itu ada sebuah aplikasi yang bertujuan untuk hal tersebut yakni aplikasi Dapodik untuk setiap jenjangnya.

Download Dapodik 2022 Versi Terbaru

Buat kamu yang sebagai operator sekolah atau yang diberikan mandat untuk tetap mengupdate aplikasi Dapodik terbaru, tentu kamu harus tetap mencari link terbaru yang resmi langsung dari Kemdikbud. Jika kamu mengalami kesulitan mengunduh atau mendownload Aplikasi Dapodik versi 2022 melalui link diatas, silahkan gunakan beberapa link alternatif berikut :

Gunakan link diatas untuk mendownload aplikasi versi terbaru dari Dapodik 2022 karena tautan yang admin berikan adalah resmi tanpa dari pihak ketiga. Setelah kamu download, tentu kamu tinggal instal saja kan, caranya harus kamu ikuti sesuai dengan tutorial yang diberikan oleh Kemdikbud. jika masih bingung silahkan lihat saja tutorial cara instal aplikasi dapodik 2022 dibawah ini.

Cara Instal Dapodik 2022

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2022, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP, dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK.

Aplikasi Dapodik Versi 2022 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2022, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Registrasi Dapodik 2022

Spesifikasi Minimum dari komputer yang harus dimiliki oleh seorang operator untuk menggunakan Aplikasi Dapodik terbaru ini sebagai berikut :

  1. Prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
  2. Memori standar 4GB DDR3;
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  4. Sistem operasi Windows 10;
  5. Aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome atau mozilla firefox.

Untuk Kode Registrasi dan Akun Petugas pendataan tersebut, jadi sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik vesi 2022, pastikan satuan pendidikan sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses registrasi. Kode registrasi diperoleh melalui admin Dapodik di Dinas Pendidikan.

Data Prefill Dapodik 2022

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

Baca juga : Link Ujian Seberapa Bar-barnya Kamu di Sekolah

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain :

  1. Generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.
  2. Data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.
  3. Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.
  4. jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.
  5. Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).
  6. jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus “sinkronisasi > generate prefill ulang” untuk mencegah duplikasi data.

Cara Menginstal Dapodik 2022

Untuk lebih lengkapnya teman-teman operator, kamu bisa mendownload secara cuma-cuma tutorial dari tulisan serta sampai dengan diberikan gambar agar alurnya sesuai dengan instalasi. Untuk itu silahkan saja kalian download pada link dibawah ini.

  • Download tutorial Cara Menginstal Dapodik 2022 : Klik Disini

Pembaruan pada aplikasi dapodik versi 2022 diantaranya penambahan fitur isian sanitasi pada tabel data rinci sekolah yang mengambil data dari isian alat (sarana), penambahan fitur ubah password pengguna utama saat pertama kali login, perbaikan validasi data KIP/PIP peserta didik, dan perbaikan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/PLT kepala sekolah.

Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik

Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2022, karena setiap tahun aplikasi ini melakukan update serta pembaruan secara besar-besaran dari tiap versinya, oleh karena itu sebagai seorang operator sekolah, harus tetap mengikuti update terbaru sesuai dengan aturan yang berlaku :

  1. [Pembaruan] Penambahan atribut jumlah laik pada data alat periodik.
  2. [Pembaruan] Penambahan atribut alamat_jalan, rt, rw, nama_dusun, desa_kelurahan, kode_wilayah, kode_pos, lintang, bujur dan wilayah pada formulir tanah.
  3. [Pembaruan] Penambahan atribut sub-ruang pada formulir ruang khusus jenjang SMK.
  4. [Pembaruan] Penambahan panjang karakter pada atribut No SKHUN dan No Peserta Ujian pada formulir registrasi peserta didik.
  5. [Pembaruan] Penambahan beberapa atribut guna keperluan pemangku kepentingan pada riwayat sertifikasi GTK.
  6. [Pembaruan] Penambahan atribut jenis bidang usaha pada formulir bidang usaha khusus jenjang SMK.
  7. [Pembaruan] Penambahan atribut pekerjaan pada formulir peserta didik khusus jenjang PKBM dan SKB (guna mengakomodir warga belajar).
  8. [Pembaruan] Penambahan tabel dinamis guna kepentingan yang bersifat sementara.
  9. [Pembaruan] Penambahan validasi terkait syarat menjadi Kepala Sekolah atau PLT Kepala Sekolah.
  10. [Pembaruan] Penambahan validasi terkait sanitasi.
  11. [Pembaruan] Penambahan validasi terkait pengisian KIP/PIP.
  12. [Pembaruan] Penambahan validasi terkait batas minimal masuk peserta didik untuk jenjang TK adalah 4 tahun.
  13. [Pembaruan] Penambahan validasi terkait batas maksimal peserta didik untuk jenjang PAUD (TK, KB, TPA dan SPS) adalah 7 tahun.
  14. [Pembaruan] Penambahan validasi terkait batas maksimal peserta didik adalah 72 tahun (Sesuai usia harapan hidup pendudukan Indonesia).
  15. [Pembaruan] Penambahan info terkait pengisian Survey PTM.
  16. [Pembaruan] Proses kelulusan bersama tingkat akhir.
  17. [Perbaikan] Perubahan bisnis proses pada penginputan ruang dan sub-ruang khusus jenjang SMK.
  18. [Perbaikan] Perubahan paksa untuk merubah password pada pertama kali login (Pergantian password secara rutin).

Kesimpulan

Semakin sering melakukan update dan pembaruan tentu memiliki nilai plus dari aplikasi Dapodik tersebut, terlebih sekarang ini sudah memasuki Aplikasi Dapodik dalam versi 2022. Untuk itu silahkan melakukan update serta instal aplikasi Dapodik tersebut kedalam versi yang terbaru. Jangan sampai ketinggalan ya teman-teman operator.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *