Mengenal Zeal, 1 Aplikasi Tapi Menyimpan Ratusan Dokumentasi Offline

hai sobat,,,,,

karena akhir-akhir ini banyak kesibukan sekarang baru bisa menyempatkan diri untuk meng-update konten di blog sederhana ini.

Ok, langsung saja… Sebagai seorang programmer, koders, tukang ketik kode atau apalah namanya, tidak lepas dari yang namanya dokumentasi dari sebuah bahasa pemrograman yang kita gunakan, banyak master-master diluar sana yang menyarankan meskipun sudah banyak tutorial-tutorial berbagai bahasa pemrograman yang berlimpah di Internet tapi jangan pernah melupakan Dokumentasi dari Bahasa Pemrograman yang kita gunakan, karena dokumentasi itu ibarat sebuah peta yang akan menyelamatkan kita ketika kebingungan bertualang dengan bahasa pemrograman tertentu.

Sebagian besar dokumentasi dari sebuah bahasa pemrograman rata-rata harus diakses secara online ke website resmi milik mereka, hanya sebagian kecil yang memberikan akses untuk mendownload dokumentasi tersebut. Bagi mereka yang mempunyai kuota internet yang tak terbatas/unlimited mungkin santai-santai saja, tapi bagi mereka yang fakir asmara kuota internet alias pas-pasan pasti akan menyesakkan dada.





Bagi sobat yang fakir kuota internet berbahagialah, sobat juga bisa mengakses dokumentasi-dokumentasi offline dari bahasa pemrograman yang sobat gunakan. Ada aplikasi yang namanya Zeal, dengan menginstal aplikasi Zeal ini sobat bisa mendapatkan  sekitar 198 Dokumentasi offline, entah itu tentang Bahasa Pemrograman, Aplikasi Web, Aplikasi Desktop dan sebagainya.

zeal1

 

 

Aplikasi ini tersedia untuk platform Windows, Linux dan FreeBSD.
cara menggunakannya cukup mudah, setelah sobat menginstal aplikasi ini sobat langsung saja menuju tab File ⇒ Options ⇒ Docsets kemudian sobat tinggal memilih dokumen apa yang akan di unduh atau di download.

 

zeal3

Walaupun demikian, untuk mendapatkan dokumentasi melalui aplikasi ini sobat harus tetap menggunakan Kuota Internet untuk mendownload dokumentasi-dokumentasi tersebut. Sesuai perhitungan rata-rata untuk mendownload 1 dokumentasi diperlukan 200-400 Mb kuota Internet. Karena sebagian besar dari dokumentasi-dokumentasi yang berada di aplikasi ini menggunakan bahasa inggris, sobat silahkan melakukan translate menggunakan google translate dan sebangsanya.

 

Untuk mendownload silahkan sobat mengklik link dibawah ini, dan link ini asli bukan jebakaan betmen... hehehe 🙂

Untuk Windows silahkan mendownloadnya disini
Untuk Linux silahkan mendownloadnya disini
Untuk Arch Linux silahkan mendownloadnya disini atau disini
Untuk Debian silahkan melakukan instalasi via sudo apt-get install zeal atau disini
Untuk Gentoo silahkan melakukan instalasi via #emerge app-doc/zeal atau disini
Untuk openSUSE silahkan mendownloadnya disini
Untuk Slackware silahkan mendownloadnya disini

Untuk Ubuntu silahkan melakukan instalasi via sudo apt-get install zeal atau disini
jika belum tersedia, silahkan melakukan Update via PPA Repository
$ sudo add-apt-repository ppa:zeal-developers/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install zeal

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini, silahkan mengunjungi Offical Websitenya https://zealdocs.org/

Terima kasih telah membaca artikel ini.





Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *