Melihat History Perintah Pada Terminal di Linux

October 30, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Linux


Bagi pengguna linux sering kali lupa perintah yang di jalankan pada Terminal, hal ini seringkali butuh beberapa waktu untuk mengingat kembali perintah apa yang diketikkan beberapa waktu yang lalu.

Apalagi jika anda bekerja di lingkungan server, anda akan menghabiskan banyak waktu anda di baris perintah. Jika perintah yang anda ketikkan setiap saat dan diulang-ulang pasti anda akan selalu mengingatnya jadi tidak perlu contekan lagi untuk mengetikan perintah pada baris Terminal. Yang menjadi permasalahan bagaimana jika itu perintah yang baru anda ketikkan yang pasti anda akan lupa-lupa ingat dengan perintah tersebut.

Untuk memudahkan pengguna, masing-masing distro Linux sudah menyediakan log atau session untuk setiap perintah yang diketikkan pada Terminal Bash.

Secara default bash history tersimpan dalam file ~/.bash_history jika penasaran silahkan anda buka file tersebut di dalam direktori home anda.

 

Kita juga bisa mengaksesnya dari Terminal dengan perintah :

 

Bisa juga mengaksesnya dengan builtin yang sudah disediakn oleh distro masing-masing (disini menggunakan Linux Mint) , dengan mengetikan perintah :

 

Kita juga bisa mencari perintah yang berisi string (misalnya : mv, purge, sudo, dll) dengan perintah :

Misalnya kita ingin mencari string sudo jadi kita harus menjalankan perintah history | grep sudo.

 

Untuk menghapus riwayat, hapus file dan hapus riwayat sementara menggunakan perintah :

Baca Juga :


Tags: , , ,