Melayu Pontianak Arti Indon

Melayu Pontianak Arti Indon – Beberapa kata yang sering digunakan serta banyak kamu baca pada media sosial tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan kata Indon. Namun pada dasarnya jika kamu menyebut kata “Indon” kepada orang Indonesia, itu bisa saja dianggap sebagai pelecehan dan rasis. Ini bukan sekedar kata biasa saja, ada kasus yang pernah terjadi serta melatarbelakangi kenapa tidak diperbolehkan menggunakan kata “Indon” teman-teman semuanya. Apalagi sering kita jumpai kata tersebut jika indonesia dan malaysia dalam hal pertandingan sepakbola misalnya, tentu beberapa penonton menjadi naik darah sehingga pada kolom komentar saling ejek antara indonesia dan malaysia pada media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya.

Baca juga : Arti Kata Ading Basit Yang Sedang Viral

Istilah ini bahkan dijadikan sebagai singkatan untuk negara dan rakyat Indonesia. Berdasarkan penjelasan dari portal website Wikipedia bahwa kata “Indon” adalah sebuah istilah singkat yang populer hingga tahun 1960-an. Di Indonesia sendiri, pada dekade tersebut menyingkat kata Indonesia menjadi Indon. Kata Indon adalah hal umum yang terdapat pada judul/isi berita, sastra, surat, dan catatan kaki Namun, sejak dekade 2000-an kata Indon berubah menjadi konotasi negatif dan dianggap sebagai sebuah perkataan yang tidak baik digunakan.

Arti Kata Indon

Hal ini tentu membuat dampak yang luar biasa terhadap masyarakat indonesia, yang dulunya kata Indon adalah hal yang sangat lumrah, namun untuk saat ini malah menjadi perkataan yang tidak pantas dilontarkan terutama ke masyarakat indonesia. Bagaimana tidak, coba bayangkan ketika ada mengolok-olok negara kita dengan kata yang tidak pantas tentu sebagai orang yang cinta tanah air langsung ingin menonjok orang yang berkata seperti itu.

Arti Kata Indon

Arti kata Indon adalah sebuah istilah singkat yang mengacu kepada negara dan rakyat Indonesia yang populer hingga tahun 1960-an. Kata ini merupakan kata yang lumrah pada tahun tersebut karena memang belum menjadi bahan yang seperti sekarang. Seringkali kata Indon dilontarkan oleh negara tetangga untuk berkata tidak pantas, admin sendiri sering melihat komentar tersebut ketika para fans bola indonesia dan malaysia saling berkomentar di media sosial. Padahal kita sendiri satu rumpun lho teman-teman semuanya, jangan sampai karena fanatik terlalu berlebihan membuat kita keluar kata-kata yang tidak baik, baik untuk negara kita sendiri atau negara orang lain.

Baca juga : Arti Kata Stunting, Pengertian dan Contoh

Jadi penyebutan atau penulisan kata Indon untuk Indonesia bisa jadi hanya penyingkatan saja seperti yang digunakan oleh media malaysia sebelum ada larangan dari menteri komunikasi mereka, namun hal itu bisa diplesetkan oleh orang Malaysia tidak menyukai Indonesia. Karena banyaknya masyarakat indonesia yang tidak senang dengan kata singkatan tersebut untuk indonesia, maka sangat pantaslah ketika masyarakat mendengar langsung geram.

Melayu Pontianak Arti Indon

Akhir akhir ini warga Indonesia sangat sensitif terhadap sebutan Indon bagi negaranya. Walaupun itu hanya sebutan istilah atau singkatan untuk Indonesia. Masyarakat Indonesia telah menganggap istilah “Indon” bermakna sangat negatif dan dianggap sebagai ejekan atau hinaan terhadap negara indonesia. Melayu Pontianak merupakan salah satu rumpun melayu yang berasal dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Bahasa khas melayu Pontianak telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda, ini akan memberikan semangat untuk pengembangan bahasa dan diturunkan pada generasi muda.

Dulu dalam surat kabar Berita Harian di Malaysia yang terbit pada 31 Maret 1972, pernah ditulis menggunakan kata “Indon” untuk menyingkat nama Indonesia dan itu sah-sah saja. Alasannya? Karena koran waktu itu harus memperhatikan lowongnya halaman demi memuat informasi yang benar-benar penting dan memang pada saat itu belum bermuatan unsur negatif dalam kata tersebut.

Pihak Pemerintah Indonesia melalui Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI, menjelaskan bahwa pihak Duta Indonesia menyampaikan protes secara resmi kepada duta Malaysia di Indonesia pada 13 Mei 2007. Akhirnya, pemerintah Malaysia akhirnya melarang penggunaan istilah “Indon” secara resmi oleh Kementerian Penerangan Malaysia pada 24 Mei 2007.

Kesimpulan

Pastikan bahwa ketika kita menggunakan sebuah kata atau kalimat harus sampai tahu dulu arti sesungguhnya, terutama dalam bermedia sosial. Ada saja yang akan mengalami kerugian baik dari kata yang tidak disengaja maupun disengaja. Apalagi yang kita bahas saat ini sangat sensitif sekali bagi warga negara indonesia, bahkan bisa jadi hal yang tidak mengenakkan terjadi teman-teman semuanya. Untuk itu jangan sampai kita menggunakan sebuah kata atau kalimat yang menyinggung orang lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *