Kenapa Terjadi Masalah Dengan API Dapodik Kemdikbud?

Kenapa Terjadi Masalah Dengan API Dapodik Kemdikbud? – Berbicara tentang suatu sekolah tentu sangat erat sekali hubungannya dengan sebuah data yang di input melalui seorang operator pada sekolah tang terdaftar di Kemdikbud. Salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh sekolah yakni Dapodik Online yang mengharuskan seorang oeprator untuk mengupdate aplikasi yang digunakan agar mendapatkan fitur terbaru dan paling mutakhir digunakan. Dapodik sendiri menjadi salah satu aplikasi atau website yang paling banyak mengalami kendala sepanjang tahun bahkan setiap pergantian semester, hal ini tentu akan merepotkan kamu jika menjadi seorang operator sekolah atau pihak yang berwenang menjadi salah satu tukang input data dapodik di sebuah sekolah.

Baca juga : Download Aplikasi Nexus Apk Penghasil Uang

Menjadi seorang operator sekolah pasti akan mengeluh karena masalah – masalah yang terjadi tidak kunjung selesai, dibantu orang lain malah mereka lebih tidak paham tentang pekerjaan kamu sendiri, jika ada pembaruan perbaikan pasti akan muncul masalah-masalah baru yang harus kamu hadapi, apalagi jika kamu baru saja merasakan menjadi seorang operator itu sendiri.

Masalah API Dapodik LTMPT

Akhir akhir ini ternyata ada  API Dapodik di LTMPT yang terkadang mengalami masalah  diakbitkan oleh banyaknya orang yang mengakses LTMPT. Karena banyak orang yang mengakses, maka server penuh sehingga masalah API Dapodik ini terjadi atau susah sekali di akses teman-teman semuanya. Saat melakukan sinkronisasi sering juga terjadi kegagalan koneksi dengan Dapodik Kemdikbud yang dilakukan oleh para operator sekolah. Hal ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Dapodik itu sendiri, sebagian juga mengalami gagal koneksi pada sinkronisasi aplikasi EDS PMP. Bahkan masalah ini juga terjadi pada saat registrasi LTMPT terjadi kegagalan koneksi Dapodik.

Terjadi Masalah Dengan API Pusdatin Kemdikbud

API atau kepanjangan dari Application Programming Interface. API adalah sebuah software yang memungkinkan para developer mengintegrasikan dan mengizinkan dua aplikasi (web) berbeda secara bersamaan dan saling terhubung satu sama lain sehingga bisa terkoneksi dengan baik antar atau lintas platform. Pada kenyataannya ternyata Kemdikbud memiliki beberapa masalah, salah satunya datang dari Error API Pusdatin Kemdikbud yang muncul saat kamu melakukan registrasi akun LTMPT bisa terjadi karena akses data ke Pusdtin Kemdikbud terlalu banyak atau terlalu padat atau ramai.

Hal ini tentu membuat orang yang melakukan registrasi merasa bingung, dengan adanya error “API Pusdatin Kemdikbud”, solusi yang admin tondanoweb berikan pada kamu yakni dengan melakukan registrasi akun LTMPT di waktu-waktu yang diperkirakan sepi dari pengguna lain yang melakukan registrasi. Misalnya pada jam MALAM atau waktu pada semua orang tidur teman-teman semuanya atau pada waktu Subuh.

Terjadi Masalah Dengan API Dapodik Kemdikbud Saat Daftar LTMPT

Jika kamu menemukan sebuah masalah saat siswa melakukan registrasi akun LTMPT muncul tulisan “Terjadi Masalah dengan API Dapodik Kemdikbud” adalah penyebab terjadinya API Dapodik di LTMPT adalah banyaknya orang yang mengakses LTMPT. Sama dengan yang sebelumnya admin katakan bahwa saat ini memang sedang banyak-banyaknya siswa melakukan registrasi atau melakukan pendaftaran.

Adapun jika Anda mengalami masalah API di situs LTMPT tak perlu khawatis Untuk mengatasi masalah dengan api pusdatin kemendikbud ini maka Anda bisa mencoba terus-menerus untuk mengakses situs LTMPT. Coba terus sampai kamu berhasil menyelesaikan pendaftaran dan seluruh regulasi di situs LTMPT. Untuk mengatasi API Dapodik LTMPT maka kamu juga bisa mengakses situs LTMPT ketika server sedang sepi. Kunjungi situs LTMPT ketika tengah malam atau pagi hari. Sebab pada waktu-waktu tersebut tidak terlalu banyak orang yang mengakses situs LTMPT, sehingga Anda bisa terhindar dari masalah API ini.

Cara Mengatasi Masalah API Dapodik LTMPT

Untuk mengatasi permasalahan aplikasi API Dapodik yang tidak bisa dibuka atau mengalami error, tentu kamu harus mengecek serta menunggu informasi dari pengembang atau admin aplikasi Dapodik itu sendiri. Atau kamu juga bisa melakukan dengan beberapa cara yang admin bagikan kali ini.

  • Tips yang bisa kamu coba adalah melakukan registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2022 jam-jam sepi pendaftar, seperti dini hari sekitar jam 01.00 AM menuju waktu Shalat Subuh.
  • Gunakan browser yang berbeda dari yang kamu pakai saat mengalami error, misalnya saja sebelumnya kamu menggunakan Chrome, ganti saja pakai Firefox begitu juga sebaliknya.
  • Update aplikasi browser yang kamu pakai.
  • Pastikan internet kamu stabil alias tidak lelet.

Cara mendaftar akun LTMPT

Ada dua tahap dalam mendaftar akun LTMPT bagi siswa. Setelah berhasil mendaftar dan mengaktivasi akun, maka siswa diminta melakukan verifikasi data sesuai data yang dimasukkan oleh sekolah. Cara membuat akunnya seperti berikut:

  • Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pilih tautan “Daftar di Sini”.
  • Pilih menu “Siswa”.
  • Masukkan NISN, NPSN dan tanggal lahir. Tekan tombol “Selanjutnya”.
  •  Masukkan email aktif dan password.
  • Setelah klik tombol daftar, akan muncul notifikasi aktivasi akun.
  • Buka inbox/spam email Anda. Lakukan aktivasi akun.
  • Setelah akun aktif lakukan login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Selesai.

Kesimpulan

Karena banyaknya yang melakukan akses pada API Kemdikbud tentu akan memberikan dampak terhadap aktifitas pada website atau aplikasi tersebut, mulai dari susahnya mengakses, adanya error yang keluar pada saat melakukan registrasi dan beberapa masalah yang lain yang ditimbulkan karena melebihi kunjungan yang semestinya, sehingga server dari Dapodik Kemdikbud mengalami masalah tersdebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *