Konsep Asesmen Nasional

Konsep Asesmen Nasional – Beberapa waktu yang lalu memang sudah diselengkarakan untuk Asesmen ini namun tidak semua siswa bisa mengikutinya alias siswa yang dipilih oleh sekolah. Tentu dengan Asesmen ini dapat menentukan kualitas siswa dalam sekolah dan daerah masing-masing.

Baca juga : Aplikasi BPJSTKU Tidak Bisa Dibuka

Apakah kamu sudah tahu kabar Ujian Nasional yang diganti menjadi Asesmen Nasional di tahun 2021 mendatang? Atau kamu masih bingung dengan ketentuannya?

perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional (UN)

Pada intinya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetap mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Konsep Asesmen Nasional

Berikut ini beberapa metode dan konsep dari Asesmen Nasional yang dilakukan oleh Mendikbud untuk mengetahui seberapa jauh dan seberapa tahu jika dilakukannya Asesmen secara nasional.

Baca juga : Contoh penelitian Eksploratoris

Objektif:

  • Pilihan Ganda (hanya 1 jawaban benar)
  • Pilihan Ganda Kompleks (jawaban benar lebih dari 1)
  • Menjodohkan
  • Isian singkat (angka, nama/benda yang sudah fixed)

Non-Objektif: Essay

Tujuan Asesmen Nasional

Dengan berubahnya dari Ujian Nasional menjadi Asesmen tentu menjadi hal baru dalam dunia pendidikan, perubahan ini tentunya akan memberikan dampak bagi para siswa disekolah.

  1. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau: (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya di satuan pendidikan: antara kelompok sosial ekonomi, di satuan wilayah antara sekolah negeri dan swasta, antar daerah, ataupun antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).
  2. Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa.
  3. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Manfaat Asesmen Nasional

Selain dari tujuan diatas, maka ada manfaat bagi peserta didik dan sekolah dalam hal kualitas pembelajaran.

  1. Potret kualitas pembelajaran di sekolah atau daerah.
  2. Umpan balik peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah atau daerah.
  3. Dasar untuk penyusunan program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah atau daerah.

Kesimpulan

Dengan adanya Asesmen Nasional yakni bukan sebagai pengganti Ujian Nasional. Selain dari teknis pelaksanaannya, cakupan Asesmen Nasional berbeda jika dibandingkan dengan Ujian Nasional. Asesmen Nasional lebih memberikan gambaran yang lebih utuh dan luas mengenai mutu pendidikan, bukan hanya secara kognitif, namun juga karakter dan iklim belajar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *