Download Aplikasi SDGs Desa Versi 1.8

Download Aplikasi SDGs Desa Versi 1.8 – Salah satu aplikasi yang memang diperuntukkan untuk desa bernama SDGs Desa, saat ini sudah melakukan penyempurnaan atau pembaruan untuk versi terbaru yakni Aplikasi SDGs Desa Versi 1.8. Dengan adanya versi terbaru tentu akan ada fitur baru serta perbaikan bug-bug yang ada pada versi sebelumnya. Aplikasi ini memungkinkan kemudahan bagi desa dalam pendataan tentang desa mereka sendiri. Hal ini tentu sudah tertuang dalam Pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa.

Baca juga : Cara mengatasi Aplikasi BRImo Tidak Bisa Dibuka

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. hal ini tentu sangat memberikan banyak sekali manfaat untuk desa, warga serta pemerintah pusat dalam mengakses data secara cepat dan memberikan informasi yang tepat guna dan tepat sasaran dalam proses pendataannya.

Aplikasi SDGs Versi 1.8

Namun kesulitan dan keterlambatan khususnya dalam proses upload saat ini dapat teratasi dengan menggunakan aplikasi SDGs versi 1.8 yang terbaru tentunya,mengingat sebelumnya menggunakan aplikasi SDGs versi 1.4. Aplikasi SDGs versi 1.4 memiliki kekurangan susah dalam proses login, loading penyimpanan lama serta terjadi bug ketika di klik upload yang menyebabkan aplikasi menutup sendiri dan terkadang proses entrian menjadi hilang.

Aplikasi SDGs Versi 1.8

Aplikasi SDGs versi 1.8 merupakan penyempurnaan dari aplikasi pada versi dibawahnya, tentu dengan memiliki akses yang lebih cepat serta lebih ringan digunakan, lebih cepat dalam proses upload sehingga akan lebih cepat pula dalam proses pengentrian data yang dilakukan oleh desa. Hal ini memungkinkan para pengisi data lebih baik untuk melakukan update atau pembaruan terhadap aplikasi SDGs ini.

Silahkan gunakan link diatas untuk melakukan download dan instal aplikasi pada layanan google play store, pastinya dengan menggunakan link yang admin berikan, kamu akan mendapatkan versi paling baru tentunya, karena link mengacu pada sumber resminya yakni dari pengembang Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

Download Aplikasi SDGs Desa Versi 1.8

Silahkan bagi kamu yang ingin mendownloadnya untuk keperluan desa, bisa menggunakan link yang admin berikan diatas. Rujukan link mengarah langsung ke layanan google play store, jadi jangan sampai salah download dan instal ya untuk aplikasi desa.

Baca juga : Alat Mitra Higgs Domino Boxiang Apk

Pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs Desa ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah daerah provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Dengan merujuk pada Permendesa PDTT No 21/2020.

Data SDGs Desa

Dengan merujuk pada Permendesa PDTT No 21/2020, Pokja Relawan Pendataan Desa ini mencakup :

  1. Pembina : Kepala Desa
  2. Ketua : Sekretaris Desa
  3. Sekretaris: Kasi Pemerintahan Desa
  4. Anggota :
    1. Unsur Perangkat Desa
    2. Ketua RW
    3. Ketua RT
    4. Unsur Karang Taruna
    5. Unsur PKK
    6. Unsur masyarakat lainnya yang bersedia menjadi relawan pendata
  5. Mitra :
    1. Pendamping Desa
    2. Babinsa
    3. Babinkamtibmas
    4. Mahasiswa yang berada di Desa

Pemimpin yang disegani serta memiliki wewenang besar di desa ialah kepala desa. Kepala desa juga memiliki tanggng jawab yang besar dalam pembangunan desa, untuk membawa desanya lebih maju. Pembangunan diarahkan untuk mendayagunakan potensi desa, atau mengatasi masalah desa. Untuk itulah dibutuhkan data yang valid, lengkap, dan berkelanjutan.

Kesimpulan

Pada awalnya pada desa menggunakan aplikasi SDGs Desa Versi 1.4 dan Versi 1.6. Namun, banyak kendala yang ditemui di lapangan dalam penginputan dan penguploadan data. Antara lain, mulai dari log in aplikasi, penyimpanan data, dan sampai kegagalan penguploadan data.

Kemudian, oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) selalu melakukan perbaikan dan pengembangan dalam pengupgradean Aplikasi hingga Versi 1.8. Dalam upaya menunjang Pemutakhiran Pendataan SDGs Desa Tahun 2021.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *