Contoh Penelitian Eksploratoris

Contoh Penelitian Eksploratoris – Apakah kamu sudah tahu mengenai eksploratoris? Mungkin kamu ada tugas yang berkaitan dengan penelitian ekploratoris tentunya, maka dari itu admin akan memberikan penjelasan dan gambaran bagaimana dan apa maksud dari penelitian dengan cara eksploratoris.

Baca juga : Nonton Film Young Lady Drama Korea

Sesuai dengan apa yang akan disampikan admin mengenai penelitian ini, tentu kamu sudah menyiapkan beberapa materi terkait penelitian kamu. Jika sudah mari simak penjelasan admin ya.

Contoh dan penjelasan penelitian eksploratoris

Apa Yang dimaksud Dengan Penelitian Eksploratoris?

Pngertian mengenai Penelitian Eksploratoris adalah salah satu pendekatan penelitian yang digunakan untuk meneliti sesuatu (yang menarik perhatian) yang belum diketahui, belum dipahami, atau belum dikenali dengan baik.

Dalam penelitian eksploratoris ini, yang meneliti belum memiliki gambaran pasti tentang definisi atau konsep penelitiannya. Peneliti akan mengajukan what untuk menggali informasi lebih dalam lagi.

Tentu kata lain yang sering digunakan dalam bahasa eksploratoris adalah eksploratif, dan tentu keduanya maksudnya sama ya, jangan sampai bimbang jika pada saat kamu browsing ternyata yang keluar salah satu dari keduanya.

Tujuan Penelitian Eksploratoris

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan topik baru lebih dikenal oleh masyarakat luas, memberikan gambaran dasar mengenai topik bahasan, menggeneralisasi gagasan dan mengembangkan teori yang bersifat tentatif, membuka kemungkinan akan diadakannya penelitian lanjutan terhadap topik yang dibahas, serta menentukan teknik dan arah yang akan digunakan dalam penelitian berikutnya.

Contoh Penelitian Eksploratoris

Berikut beberapa admin berikan contoh dan studi kasus yang bisa kamu jadikan bahan penelitian dalam ekspolaratoris.

  • perilaku gamers di kalangan remaja.
  • Perilaku seks bebas di remaja usia 17 tahun.
  • Meneliti Sistem tukar-menukar barang di pedalaman suku Badui yang terdapat di tengah hutan Jambi Sumatera.
  • Menganalisa tentang kebiasaan laki-laki dan perempuan terhadap posisi duduk di kelas, lalu menyimpulkan mana yang cenderung duduk di barisan paling depan.

Ciri-Ciri Penelitian Eksploratoris

Selain dari contoh, ada juga sebagai gambaran beberapa ciri-ciri yang harus kamu ketahui mengenai eksploratoris.

  • Mengeksplorasi topik yang sama sekali baru bagi peneliti. 
  • Mengajukan pertanyaan menggunakan kata “WHAT”.
  • Kreatif, Fleksibel, dan terbuka dalam mencari sumber data.
  • Aturan dan tahapan penelitian tentu tidak pasti.
  • Umumnya banyak memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Itulah Penjelasan singkat dan padat mengenai Penelitian Eksploratoris, mulai dari Pengertian, tujuan, ciri-ciri yang menggambarkan penelitian tersebut.

Kesimpulan

Apapun yang kamu cari, selalu pastikan dari beberapa sumber, mungkin ada salah maksud maupun katak-kata yang tidak pas, tentunya kamu bisa menjadikan acuan diatas sebagai bahan penelitian kamu saat ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai eksploratoris atau eksploratif, silahkan kamu komentar dibawah ya, admin tunggu lho.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *