Cek Kuota Sekolah Untuk SNMPTN 2022

Cek Kuota Sekolah Untuk SNMPTN 2022 – Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah atau ke jenjang yang lebih tinggi tentu dong sudah mempersiapkan segala hal agar mematangkan persiapan menuju Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi jalur SNMPTN dianggap sebagai jalur yang istimewa oleh para siswa-siswi di SMA/SMK Sederajat. Hal yang membuat SNMPTN ini spesial yakni tidak semua siswa bisa mengikutinya, karena memang pada dasarnya prestasi pendaftar pun menjadi pertimbangan khusus. Jadi kamu harus tahu dan mengecek kuota yang diberikan untuk peserta didik pada Kuota Sekolah Untuk SNMPTN 2022/2023.

Baca juga : Aplikasi AFC Football Penghasil Uang

Pada tahun sebelumnya bahwa pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021 berjumlah sekitar 500 ribu siswa SMA menjadi peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi SNMPTN pada tahun tersebut. Jumlah yang terbilang sangat banyak dan luar biasa tersebut tentu saja diprediksi akan meningkat dari tahun ke tahun terutama pada tahun akademik 2022 yang akan datang. Pada kesempatan kali ini admin tondanoweb akan membahas dan memberikan informasi lengkap mengenai bagaimana cara melihat kuota SNMPTN tahun ajaran 2022/2023 tersebut agar kamu bisa memerpersiapkan diri.

Cek Kuota SNMPTN

Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan jika sudah mengetahui kuota penerimaan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah untuk menyiapkan beberapa hal sebelum tiba di hari H tersebut dalam seleksi, selain itu juga kamu akan berpeluang terlebih dahulu jika sudah tahu kuota mengenai SNMPTN TA 2022/2023 tersebut yang akan admin bahas pada ulasan dibawah ini teman-teman semuanya.

Cek Kuota SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti pada tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

Baca juga : Lirik Lagu hari Pertama ke Sekolah Versi Daring

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Kuota Sekolah Untuk SNMPTN 2022

Berdasarkan informasi tahun lalu bahwa kampus yang menerima peserta SNMPTN 2021 terbanyak adalah Universitas Brawijaya (UB) yang ada di malang, kemudian ada Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dengan cara memilih kampus atau universitas yang memberikan kuota besar bisa meningkatkan peluang kamu dalam masuk ke perguruan tinggi negeri teman-teman semunya.

Kamu bisa melakukan pencarian dan mencari tahu universitas yang akan kamu tuju beserta program studi pilihan yang kamu minati teman-teman semuanya. Kuota SNMPTN di program studi Perguruan Tinggi juga tidak sama semuanya tergantung dari kuota atau kapasitas yang akan diterima sesuai dengan informasi dari website resmi LTMPT. Terdapat juga kuota untuk jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur seleksi khusus, serta jalur masuk yang diselenggarakan oleh masing-masing kampus seperti jalur mandiri. Jadi banyak sekali pilihan yang bisa kamu coba dan pelajari sebelum kamu tes.

Web Resmi SBMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Cara Cek Kuota Penerimaan SNMPTN

Buat kamu yang tidak sabaran ingin mengecek dan melihat kuota penerimaan SNMPTN untuk tahun ajaran 2022/2023 tersebut bisa kamu cek melalui tutorial yang admin berikan dibawah ini.

  1. Pastikan kamu bisa mengecek melalui link resmi LTMPT di alamat ltmpt.ac.id
  2. Kemudian kamu bisa klik pada bagian SNMPTN dan gulirkan lagi ke tulisan “Kuota Sekolah”.
  3. Di sana kamu dapat memilih Provinsi lalu Pilih Kabupaten/Kota.
  4. Kamu hanya perlu menunggu sebentar sampai sistem LTMPT menampilkan nama-nama sekolah berdasarkan Provinsi dan Kabupaten atau Kota yang kamu pilih.
  5. Jika nama sekolahnya sudah keluar, kamu dapat mengkliknya dan hasil presentase kuota pun akan keluar.
  6. Melalui informasi kuota tersebut, kamu pun dapat membaca seberapa besar peluang yang kamu miliki.

Kesimpulan

Pastikan kamu sudah mempersiapkan segela hal sebelum kamu mengikuti jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur seleksi khusus, serta jalur masuk yang diselenggarakan oleh masing-masing kampus seperti jalur mandiri. Karena terdapat beberapa jalur yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke universitas negeri pilihan kamu sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *