Cara Upgrade Linux Mint Versi 18, 18.1 and 18.2 ke Versi 18.3

March 07, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Linux Mint


Sejak bulan November 2017 lalu pengembang Linux Mint telah merilis versi terbaru dari linux mint yaitu Linux Mint 18.3 dengan codename “Sylvia”, tersedia dalam edisi Cinnamon dan Mate. Dalam versi ini ada beberapa fitur terbaru serta software yang sangat berguna untuk para pengguna linux mint, sobat bisa melihatnya disini untuk edisi Mate dan untuk edisi Cinnamon.

Dan dalam artikel kali ini kita akan melakukan Upgrade Linux Mint Versi 18, 18.1 and 18.2 ke Versi terbaru yaitu versi  18.3 (Sylvia).

 

Oke, kita mulai…

Membuat Snapshot Sistem.

Dalam langkah ini kita diharuskan untuk menginstall Timeshift, gunannya untuk membuat snapshot sistem sebelum melakukan upgrade agar jika dalam proses upgrade terjadi hal-hal yang tidak beres, sobat dapat dengan mudah mengembalikan sistem operasi ke keadaan sebelumnya.

Untuk melakukan instalasi timeshift, silahkan sobat buka terminal dan ketik:

Upgrade Sistem.

Sebelum melakukan Upgrade jika soba mengaktifkan Screensaver, silahkan sobat menonaktifkannya terlebih dahulu.

Sebenarnya untuk melakukan upgrade sistem di Linux Mint sangat mudah, sobat buka Update Manager, kemudian klik refresh untuk melihat pembaharuan terbaru dari repositori.

Setelah itu klik “Edit → Upgrade to Linux Mint 18.3 Sylvia”

Kemudian ikuti sesuai petunjuk selanjutnya.

Setelah upgrade selesai, silahkan reboot komputer atau laptop sobat.

 

Meskipun Linux Mint 18.3 memiliki kernel yang lebih baru, upgrade ini tidak mengubah kernel yang sudah digunakan sebelumnya. Dan juga untuk aplikasi-aplikasi terbaru sudah tersedia tetapi sobat harus mengintallnya melalui Manajer aplikasi, untuk software-software yang sudah terinstall tidak ada perubahan sedikitipun.

Sumber : linuxmint.com

Baca Juga :


Tags: , , , , ,