Cara Menambahkan Spelling Checker Bahasa Indonesia di WPS Office

December 15, 2016 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / How To


Halo sobat….

Artikel kali ini kita akan membahas, gimana sih cara meng-koreksi teks di dalam halaman kerja pada WPS Office lebih khusus pada WPS Writer. Jadi jika kita mengetikkan kata dalam bahasa indonesia dan jika kata tersebut hurufnya tidak lengkap maka di bawah huruf tersebut akan muncul garis berwarna merah. Fitur ini sangat membantu bagi sobat yang pekerjaannya mengetik entah itu surat dan sebagainya, untuk meminimalisir terjadinya salah-salah pengetikan huruf maupun kata-kata.

 

Baca Juga :

Cara Mengubah Bahasa di WPS Office

 

Sebelumnya, apa sih WPS Office itu ?
WPS Office adalah aplikasi pengolahan kata, angka serta presentasi seperti Microsoft OfficeWPS Office adalah produk gratis dari Kingsoft Office Software, dan aplikasi ini bisa berjalan di semua sistem operasi, seperti windows, linux, mac, iOS, Android dan Windows Phone. Software ini juga tersedia dalam versi berbayar. Untuk pengolahan kata bisa menggunakan WPS Writer, untuk pengolahan angka bisa menggunakan WPS Spreadsheet dan untuk presentasi bisa menggunakan WPS Presentation.





Berhubung saya adalah pengguna Linux jadi untuk semua aplikasi saya menggunakan aplikasi Freeware. salah satunya WPS Office.

Fitur-fitur yang ada di WPS Office tidak jauh berbeda dengan fitur-fitur yang ada di Microsoft Office, bahkan ada yang mengatakan bahwa WPS Office adalah versi replikasi dari Microsoft Office.

Oke, kembali ke pembahasan kita.

Sebelumnya di dalam laptop atau PC sobat sudah harus terinstall software WPS Office, jika sobat belum memilikinya sobat bisa mendowloadnya di situs resmi mereka https://www.wps.com/download. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sistem Operasi Linux (Linux Mint).

Sebelumnnya sobat download dulu file dictionary yang berisi kosakata-kosakata dalam bahasa indonesia disini atau disini.

Selanjutnya sobat buka aplikasi WPS Writer.

Di WPS Office dictionary defaultnya berbahasa inggris jadi jika kita mengetikkan teks dalam bahasa apapun selain bahasa inggris maka akan muncul semacam garis berwarna merah di bagian bawah teks.

Step Pertama, sobat klik Tab Review, kemudian klik Spellcheck yang berada di sebelah kiri.

Maka akan muncul seperti ini, kemudian sobat klik tombol Custom Dictionaries.

Kemudian klik tombol New.

Sobat akan diarahkan untuk membuat file dictionary baru, disini saya memberi nama file tersebut kamus_indonesia.dic kemudian klik tombol save/simpan.

Disini file dictionary barunya telah selesai dengan nama kamus_indonesia.dic, sobat centang file tersebut dan klik tombol Set Default. Jadi kita menjadikan file ini default ketika software WPS Writer dijalankan pertama kali. Setelah itu klik tombol close. Tapi untuk spelling checker dalam bahasa inggris tetap aktif.

Setelah langkah-langkah diatas telah sobat lakukan, kemudian sobat buka file dictionary yang telah di didownload tadi. Copy dan pastekan dan simpan isi dari file tersebut kedalam file kamus_indonesia.dic.

Untuk file kamus_indonesia.dic berada di direktori /home/USERNAME/.kingsoft/office6/data

Di dalam direktori laptop saya, file tersebut berada di /home/ray/.kingsoft/office6/data

Ok, selanjutnya sobat restart software WPS Writer, dengan cara tutup software tersebut dan buka kembali.

dan silahkan sobat mengetikan teks dalam bahasa indonesia, dan garis warna merah yang berada di bawah teks tersebut sudah hilang, kecuali sobat tidak lengkap mengetikan kata.

Demikian untuk tutorial kali ini. Jika sobat memiliki pertanyaan, kritik maupun saran, silahkan menghubungi kami di  dalam kolom komentar atau di halaman kontak. Terima kasih.





Baca Juga :


Tags: , , , , , , , , , , , , , ,