Cara Membuat Akun Email Di Hosting CPanel


Halo sobat, tutorial kali ini kita akan membuat akun email pribadi di Hosting CPanel dengan menggunakan domain pribadi kita misalnya email@domainsaya.com, fitur ini tersedia disetiap CPanel penyedia layanan hosting, jika layanan Hosting sobat tidak memiliki fitur ini silahkan menghubungi penyedia layanan hosting yang sobat tempati untuk mengaktifkan fitur ini.

Fitur Email pribadi ini dengan menggunakan nama domain pribadi sesuai dengan identitas kita akan sangat membantu kita dalam aktifitas kita di dunia maya, misalnya untuk kebutuhan marketing produk kita, menawarkan jasa dan sebagainya.

Tapi, salah satu yang menjadi kendala dari Email pribadi jika kita menggunakan layanan hosting kemudian server mengalami down atau trafik meningkat maka layanan email ini akan mengalami kendala seperti akan terjadi delay dalam mengirim maupun menerima email.

Oke langsung saja….

Terlebih dahulu sobat login dulu ke halaman CPanel tempat sobat menyewa hosting. Kemudian klik ikon Email Accounts

 

Di halaman Email Accounts klik tombol Create

 

Kemudian lengkapi form isian yang tersedia untuk diisi.

  • Domain silahkan pilih domain yang tersedia sesuai dengan domain yang sobat miliki, misalanya saya menggunakan domain tondanoweb.com.
  • Username diisi sesuai dengan username yang sobat inginkan.
  • Password untuk password diisini dengan kombinasi huruf, angka dan karakter lainnya, akan ada indikator yang mengukur seberapa kuat password tersebut.
  • Storage Space centang Unlimited agar tak ada batasan jumlah email yang masuk
  • Setelah itu klik tombol Create maka akan muncul notifikasi bahwa email yang dibuat sudah aktif dan bisa digunakkan.

 

Untuk masuk ke akun email silahkan masuk melalui CPanel atau langsung dengan http://namadomain.com/webmail kemudian masukkan username/nama email dan password yang sudah dibuat tadi.

Demikian tutorial kali ini selamat mencoba 🙂