Cara Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik dengan Aplikasi

Cara Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik dengan Aplikasi – Sebagai pemilik dan yang memasang jaringan WiFi Indihome di rumah anda, tentu anda ingin menjadi orang dengan keuntungan utama dari jaringan tersebut. Walau akhirnya nantinya ada pengguna lain yang menghubungkan perangkatnya ke jaringan nirkabel anda, anda tentu berharap bahwa anda merupakan prioritas sehingga anda tetap mendapatkan kecepatan maksimal tanpa terganggu. Namun, hal ini hampir tidak mungkin teradi tanpa pengaturan khusus. Secara otomatis, umumnya kecepatan akan dibagi secara merata.

Untuk itu, anda tentu membutuhkan cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik. Cara ini akan sangat berguna agar anda tetap menjadi orang yang bisa mengakses dengan kecepatan optimal walau ada pengguna lainnya yang menggunakan jaringan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan. Mikrotik sendiri merupakan sistem operasi untuk pengaturan yang ada di perangkat router. Sistem operasi ini sudah tersedia secara otomatis, dan biasanya harus diakses untuk melakukan berbagai pengaturan. Pengaturan kecepatan dan pembagian bandwidth adalah salah satunya.

Namun, menggunakan mikrotik memang tidak mudah karena ini membutuhkan panduan atau tahapan yang terkadang tidak dikuasai oleh orang awam. Anda tentu juga tidak ingin direpotkan dengan hal ini, dan untuk itu anda mencari cara yang lebih mudah tanpa harus menggunakan mikrotik tersebut. Selain tanpa mikrotik, sebenarnya cara pembatasan atau pengaturan bandwidth ini bisa dilakukan juga dengan mengakses pengaturan router dari browser. Namun, prosesnya bisa berbeda antara satu router dengan router lainnya, sehingga lebih baik mencari cara yang lebih sederhana.

Membagi bandwidth memang Langkah yang cukup penting agar kecepatan internet tetap terjaga pada setiap pengguna wifi. Namun adakalanya ada pengguna tanpa izin yang membuat internet kita semakin lambat. Oleh karena itu anda dapat melihat terlebih dahulu semua pengguna aktif pada wifi anda. Silahkan baca lebih lanjut tentang cara cek pengguna wifi indihome untuk mengetahui pemakai wifi terlebih dahulu sebelum membagi bandwidth.

Bila berbicara tentang cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik, memang yang pertama perlu diketahui adalah tentang apa itu bandwidth. Secara sederhana, bandwidth merupakan kecepatan suatu jaringan internet. Biasanya, ini dilambangkan dengan satuan bit per second atau bps. Karena itulah, biasanya anda akan bisa melihat paket internet dengan kecepatan sekian mpbs atau kbps. Ini merupakan informasi tentang kecepatan maksimal yang bisa didapatkan ketika membeli atau menggunakan paket tersebut. Kemudian, untuk cara membagi bandwidth tanpa mikrotik, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

Aplikasi Yang Membagi Bandwidth IndiHome Tanpa Mikrotik

  1. P2POver

Aplikasi atau software pertama yang bisa digunakan adalah P2POver. Salah satu alasan menggunakan aplikasi ini adalah layanannya yang gratis atau tidak berbayar. Aplikasi bisa diunduh dan digunakan secara bebas. Fungsinya pun sangat berguna karena bisa digunakan untuk mengelola bandwidth dari suatu jaringan, baik itu jaringan LAN atau WiFi. Tampilan dari aplikasi ini relatif sederhana dan tidak terlalu rumit. Awalnya memang aplikasi ini lebih dikenal untuk jaringan yang menggunakan LAN atau local area network yang berbasis kabel. Namun, sekarang fiturnya telah tersedia juga untuk jaringan nirkabel.

P2POver

  1. SoftPerfect Bandwidth Manager

Lalu, cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik adalah dengan menggunakan SoftPerfect Bandwidth Manager. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan bandwidth manager. Cara penggunaannya sangat mudah dan bisa dipasang pada komputer tanpa hambatan terkait dengan kompatibilitas perangkat. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini perlu dipasang di komputer server. Ketika memang anda tidak menggunakan komputer server layaknya pada jaringan LAN, anda tetap harus menghubungkan modem dan komputer dengan kabel untuk mengakses fungsi dan fitur dari aplikasi ini.

SoftPerfect Bandwidth Manager

  1. Selfish NET

Dibandingkan dua aplikasi yang ada, rasanya aplikasi ini memiliki fitur yang paling lengkap. Dari segi pengaturan bandwidth, ini bisa digunakan untuk mengatur jaringan baik itu yang terhubung dengan WiFi ataupun LAN. Lalu, ini bisa berperan sebagai pengaturan pada komputer server, tapi juga tidak mengharuskan hal tersebut. Ini akan sangat berguna pada sektor bisnis atau perkantoran yang membutuhkan manajemen bandwidth yang baik. Untuk sektor pribadi, ini juga tetap nyaman digunakan.

Selfish NET

itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur bandwidth. Sebagian besar aplikasi yang ada memang lebih ditujukan untuk pembagian bandwidth di suatu tempat dengan pengguna yang banyak, misalkan di kantor atau bahkan warung internet. Walau demikian, itu tetap bisa dimanfaatkan karena ada pengaturan untuk WiFi juga, dan tidak ada salahnya juga untuk mencoba cara tersebut. Bila memang tidak menggunakan aplikasi tersebut, pengaturan memang harus dilakukan melalui router management di browser. Prosesnya bisa jadi lebih sulit karena masing-masing router memiliki interface atau tampilan yang berbeda. Selain itu, nantinya anda harus memilih IP dari pengguna yang ingin anda batasi kecepatannya. Dengan aplikasi, setidaknya tampilannya lebih mudah dan pengaturan pun menjadi lebih sederhana untuk diakses.

Terkait manfaat dari pembagian bandwidth ini, sebenarnya tidak sekedar untuk menjadikan anda prioritas dalam penggunaan data dan memastikan bahwa anda mendapatkan kecepatan yang anda butuhkan ketika mengakses internet. Selain itu, cara ini sangat penting sekiranya anda tidak berlangganan paket Indihome yang unlimited. Karena tidak unlimited, ada kebijakan FUP atau pembatasan penggunaan data. Ketika batas tersebut sudah dilalui, kecepatan akan menurun. Bila anda hanya menggunakan itu sendiri, tentu kuota FUP tidak akan dengan mudah terlewati, dan anda tidak perlu mengalami penurunan kecepatan. Oleh karena itulah, info tentang cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik menjadi sangat penting.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *