Cara Melakukan Registrasi Ulang (SIM Card) Kartu Prabayar Telkomsel

November 27, 2017 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / How To


Sejak tanggal 31 Oktober 2017 Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan peraturan kepada seluruh penyedia jasa layanan operator seluler yang berada di seluruh indonesia untuk melakukan registrasi nomor pelanggan yang akan divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan, peraturan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017  dan segala perubahannya yaitu tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Menkominfo bekerja sama dengan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan Kementerian Dalam Negeri didalamnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk melakukan verifikasi atau pencocokan data kependudukan berdasarkan data Kartu Keluarga dan e-KTP (NIK) pelanggan jasa telekomunikasi. Registrasi Kartu Prabayar ini berlaku untuk Pelanggan Baru dan Pelanggan Lama.

Untuk jangka waktu berakhirnya registrasi ulang kartu prabayar dijadwalkan berakhir pada tanggal 28 Februari 2018, menurut informasi jika sudah melewati tanggal tersebut pelanggan kartu prabayar tersebut sudah tidak bisa menggunakan lagi Kartu SIM (SIM Card) atau akan dilakukan tindakan pemblokiran SIM Card pelanggan lama.

Untuk menghindari tindakan pemblokiran terhadap SIM Card (Kartu Prabayar), mari lakukan registrasi ulang Kartu Prabayar Kita karena sangat mudah, bebas pulsa serta data dijamin aman.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana melakukan Registrasi Baru dan Registrasi Ulang (SIM Card) Kartu Prabayar Telkomsel (Simpati, AS dan Loop).

 

Sebelum memulai, apa saja yang perlu dipersiapkan ?

–  Handphone beserta Kartu Prabayar yang akan diregistrasi (registrasi baru maupun registrasi ulang).

–  Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) / Kartu Keluarga

Untuk Telkomsel ada dua cara untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar bisa melalui SMS dan melalui Website Telkomsel.

Langkah pertama kita akan melakukan registrasi melalui SMS

Caranya sangat mudah, sobat tinggal mengetikan format diikuti dengan 16 digit Nomor NIK dan Kartu Keluarga Contoh : REG<spasi>NomorNIK#NomorKartuKeluarga# kemudian kirim ke 4444 untuk calon pelanggan Prabayar Telkomsel yang baru memiliki SIM Card Prabayar Telkomsel.

Dan untuk pelanggan lama caranya hampir sama seperti diatas tinggal mengetikkan format  ULANG<spasi>NomorNIK#NomorKartuKeluarga# dan kirim ke 4444

Jika berhasil sobat akan mendapatkan balasan SMS yang isinya “Selamat, proses registrasi ulang kartu prabayar anda telah berhasil, disertai Nama, Alamat dan lain-lain”.

 

 

Dan untuk pendaftaran melalui Website Telkomsel sobat bisa mengunjungi link ini  https://mobi.telkomsel.com/ulang?ch=WEB 

 

Untuk registrasi ulang via Website Telkomsel, kita harus mengisi 3 baris yang tersedia, ketiga baris ini harus diisi jika tidak diisi dengan lengkap maka registrasi tidak bisa dilakukan. Ketiga baris yang harus diisi adalah Nomor Handphone yang akan diregistrasi ulang, NIK (Nomor KTP) dan Nomor Kartu Keluarga.




 

Ada satu baris lagi yaitu Password, untuk mendapatkan password ini kita harus mengisi dahulu ketiga baris diatas dengan data yang valid/benar, jika sudah diisi silahkan tekan tombol “Dapatkan Password” setelah tombol ditekan secara otomatis sistem akan mengirimkan password/token melalui SMS ke nomor handphone yang sudah kita isi di baris atas tadi.

Token tersebut hanya berlaku 1x dan akan hangus atau tidak bisa digunakan lagi jika sudah melewati 3 menit setelah token tersebut dikirim.

 

Untuk contoh pengisiannya seperti di bawah ini

 

Jika ketiga baris diatas sudah diisi dengan data yang valid dan benar silahkan menekan tombol “Dapatkan Password”, maka sobat akan mendapatkan SMS yang berisi token/password.

 

Silahkan masukkan empat karakter token tersebut di baris password pada halaman website tadi.

Setelah semuanya terisi kemudian tekan tombol “Kirim” maka sistem akan langsung melakukan proses registrasi tersebut.

Jika registrasi berhasil tampilannya akan seperti dibawah ini, sobat juga akan mendapatkan SMS permberitahuan bahwa Proses Registrasi Ulang telah berhasil.

Selamat mencoba, jika sobat memiliki pertanyaan, kritik maupun saran, silahkan menuliskannya di kolom komentar yang berada di bawah atau menghubungi kami melalui halaman kontak. Terima kasih sudah membaca.

 





 

Baca Juga :


Tags: , , , , , , , , , , , , , ,