Cara Cepat dan Mudah Mengubah Ukuran File dan Resolusi Foto/Gambar di Linux/Ubuntu

August 14, 2017 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Linux, Tutorial


Dalam tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengubah ukuran file serta mengubah resolusi sebuah foto/gambar di Linux (Ubuntu, dll).

Oke langsung saja, dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan salah satu software File Manager atau File Browser di Ubuntu yang bernama “Nautilus”.

Jika sobat belum memiliki software atau tidak ada di laptop maupun di PC sobat, silahkan sobat menginstalnya dengan menjalankan perintah dibawah ini :

Jika sudah selesai di instal, silahkan sobat memanggil File Manager tersebut dengan menekan tombol ALT + F2  maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, silahkan sobat ketik “nautilus” kemudian tekan Run dan File Manager tersebut akan langsung muncul, sobat juga bisa memanggilnya melalui fitur command line dengan hanya mengetikan perintah “nautilus” dan tekan enter.





Untuk tampilannya seperti ini.

 

 

Jika langkah-langkahnya sudah seperti diatas kita langsung saja ke topik utama yaitu cara mengubah ukuran file dan resolusi foto atau sebuah gambar.

Untuk langkah ini kita harus menginstall lagi salah satu fitur yang terpisah dan tidak termasuk dalam software Nautilus, seperti biasa untuk instalasinya cukup dijalankan di command line, dengan perintah :

Paket instalasi tambahan diatas itu menambah fitur Resize Image dan Rotate Image.

Untuk cara melakukan resize cukup mudah, silahkan sobat buka lagi software Nautilus tadi, kemudian klik kanan di file foto/gambar yang ingin di resize ukuran file dan resolusi gambarnya. Setelah klik kanan akan muncul pilihan, silahkan pilih Resize Image maka tampilannya akan muncul seperti ini :

 

Untuk option Image Size silahkan sobat pilih sesuai dengan kebutuhan sobat,

Select size untuk memilih ukuran default dalam pixel (96×96, 128×128, 640×480, dll).

Scale untuk menurunkan atau menaikkan kualitas dalam hitungan persen (%).

Custom Size sesuai dengan kebutuhan sobat.

Untuk File name juga custom terutama untuk append, terserah sobat mau mengisinya apa, nanti tulisan itu akan di tambahkan secara otomatis kedalam nama file yang baru saja di resize.

Contoh hasil Resize :

Demikian untuk tutorial kali ini, semoga bisa berguna.

Jika ada komentar, kritik maupun saran silahkan menuliskannya di kolom komentar yang berada di bawah. Terima kasih.
 





Baca Juga :


Tags: , , , , , , ,