Arti Kata Boikot, Pengertian dan Contoh

Arti Kata Boikot, Pengertian dan Contoh – Mungkin dibenak kamu setelah menonton atau membaca berita lagi maraknya kata-kata dari boikot, akibat dari pernyataan presiden perancis. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan boikot? Mari kita bahas kata tersebut dibawah ini.

Baca juga : LINK GRUP WA EDITOR LIGHTROOM

Arti dan pengertian Boikot

Secara umum, arti boikot adalah suatu wujud protes sekelompok orang terhadap seseorang atau organisasi tertentu dengan cara menolak untuk menggunakan, membeli, atau berurusan dengan pihak yang diboikot.

Menurut KBBI, arti boikot adalah bersekongkol menolak untuk bekerja sama (berurusan dagang, berbicara, ikut serta, dan sebagainya). Umumnya boikot dilakukan secara terorganisir dan tidak melibatkan tindak kekerasan dengan tujuan untuk memaksa pihak yang diboikot mengubah suatu kebijakan.

Bentuk-Bentuk Boikot

1. Boikot Konsumen

Boikot konsumen merupakan tindakan dimana anggota masyarakat umum dihimbau untuk tidak membeli produk dari perusahan yang menjadi target boikot. Tindakan boikot konsumen biasanya diorganisir oleh grup aktivis sosial.

Tujuan dilakukannya boikot konsumen ini adalah sebagai tindakan protes atas praktek ketidakadilan atau tidak etis. Walt Disney yang merupakan penerbit buku anak-anak terbesar di dunia, pernah melakukan boikot memakai kertas dari Indonesia.

2. Boikot Business to Business

Boikot business to business dilakukan sebagai upaya perlindungan suatu bisnis terhadap bisnis lain. Boikot business to business dapat merusak secara material, sehingga aksi ini sering disebut dengan balas dendam.

Sebagai contoh, pemboikotan produk Apple di Tiongkok pada saat perang dagang antara Amerika dan Tiongkok. Beberapa perusahaan Tiongkok memberikan dukungannya kepada Huawei dengan memboikot produk Apple di lingkungan kantor. Tidak hanya itu, perusahan akan memberikan subsidi kepada karyawan yang ingin membeli smartphone Huawei.

3. Boikot “Employee Walkout”

Saat ini, kata boikot lebih dikenal dengan pemogokan buruh dimana karyawan melakukan aktifitas mogok kerja untuk melakukan protes terhadap perusahaan. Di beberapa negara, karyawan yang melakukan mogok secara kolektif diperbolehkan untuk diberhentikan, meskipun secara pengertian “walkout” berarti “Resign”.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai kata Boikot ini, semoga bermanfaat ya, silahkan kalian share artikel ini agar teman-teman tahu apa makna dan arti dari kata Boikot.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *