Aplikasi Yang Diblokir Kemendikbud Kuota Internet Gratis

Aplikasi Yang Diblokir Kemendikbud Kuota Internet Gratis – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan bantuan kuota internet gratis di tahun 2021 ini kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang berguna untuk mengakses pembelajaran daring selama Covid-19 ini. Namun, kuota ini hanya bisa digunakan untuk mengakses situs-situs tertentu saja, yang tentunya situs untuk belajar secara umumnya.

Baca juga : Friday Night Funkin Apk Download

Bantuan kuota data internet gratis yang diberikan merupakan salah satu bantuan dari pemerintah yang dilanjutkan pada tahun 2021 ini. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan siswa dan guru bisa terbantu selama proses pembelajaran jarak jauh melalui belajar daring.

Daftar Aplikasi Yang Diblokir Kominfo

Dengan kuota umum tersebut, siswa dan pendidik bisa lebih fleksibel mengakses berbagai sumber belajar secara daring. Contohnya seperti mencari dan mengunduh video pembelajaran yang banyak tersedia gratis di YouTube. Bantuan kuota gratis dari pemerintah ini dimulai pada bulan Maret 2021 ini. Lalu, apakah kamu tahu daftar situs yang tidak bisa diakses kuota Kemendikbud?

Daftar Aplikasi Yang Diblokir Kominfo

Perlu kamu ketahui, tak semua laman atau halaman website dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk internet menggunakan kuot gratis dari kemendikbud. Berikut laman atau aplikasi yang tak bisa diakses menggunakan kuota internet dari Kemendikbud :

  1. Website yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. Tiktok

Tentu dengan adanya aplikasi dan website ini diblokir memberikan gambaran bahwa memang kuota internet gratis tersebut digunakan untuk belajar, bukan malah digunakan dengan hal-hal yang jauh dari kata pendidikan. Harap agar para siswa, mahasiswa, tenaga pendidik untuk menggunakannya dengan sebaik mungkin, karena ini merupakan fasilitas yang memang diberikan secara cuma-cuma untuk alternatif belajar jarak jauh atau daring.

Situs Yang Diblokir Oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika

Dengan diblokirnya ke empat aplikasi dan situs tersebut akan membuat orang semakin ingin mencari cara agar bisa menggunakan untuk mengakses instagram, twitter dan tiktok. Tentu hal ini akan menambah racikan yang harus kamu tahu agar bisa menggunakan kuota tersebut untuk membuka blokiran.

Baca juga : Aplikasi MyTelkomsel Error

Namun yang perlu admin tegaskan disini adalah gunakanlah kuota tersebut seperti apa yang di amanatkan yakni ditujukan memang untuk pembelajaran online alias daring. Karena hal ini sangat memabntu sekali bagi siswa, mahasiswa dan tenaga pendidik tentunya baik disatuan TK, SD, SMP, SMA dan perkuliahan.

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja?

Sama halnya dengan sebelumnya, beberapa aplikasi memang seperti digunakan untuk daring pasti sangat bisa digunakan menggunakan kuota dari kemedikbud ini. Seperti Zoom Meeting, google classroom dan lain sebagainya. Besaran kuota internet berbada untuk setiap jenjang pendidikannya, mulai dari 20GB bagi peserta didik PAUD, 35GB bagi peserta didik dasar dan menengah, 42GB bagi pendidik PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah serta 50GB bagi dosen dan mahasiswa. Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud tersebut terhitung selama 3 bulan yakni dari bulan Maret hingga Mei 2021.

Baca juga : Cara Internet Gratis Telkomsel Seumur Hidup

Penyaluran bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan selama 3 bulan ke depan dari bulan Maret hingga Mei 2021. Subsidi kuota internet gratis tersebut akan cair setiap tanggal 11 – 15 pada setiap bulannya dan berlaku selama 30 hari setelah kuota tersebut diterima.

Kuota Kemendikbud Maret 2021

Bagi siswa dan pendidik yang telah menerima bantuan kuota November-Desember 2020 dan nomornya aktif, akan otomatis menerima bantuan kuota pada Maret 2021. Perlu diingat jika penerima bantuan kuota yang total penggunaannya kurang dari 1 GB, tidak akan mendapatkan bantuan kuota tahun 2021.

Pimpinan satuan pendidikan tidak perlu lagi mengunggah SPTJM bagi yang sudah menerima bantuan pada November-Desember 2020. Sedangkan untuk nomor yang berubah atau belum mendapatkan bantuan kuota sebelumnya, baru akan mendapatkan bantuan pada April 2021. Agar mendapatkan bantuan kuota internet, calon penerima melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum April 2021. Setelahnya, pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk perubahan nomor atau nomor baru di laman verval ponsel Kemendikbud atau PD Dikti untuk jenjang pendidikan tinggi.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi daftar situs yang tidak bisa diakses dengan bantuan kuota dari Kemendikbud. Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud, para siswa, guru, dosen dan mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkannya sebagai pendukung dari kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *