Aplikasi XAMPP Bisa didapatkan Melalui

Aplikasi XAMPP Bisa didapatkan Melalui – Siapa yang tidak mengenal dengan salah satu aplikasi yang seringkali digunakan oleh kalangan orang IT terutama yang bergerak dalam bidang jasa seperti website, desktop serta developer android pasti mengenal aplikasi yang satu ini yakni aplikasi XAMPP. Biasanya program aplikasi XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk mengampu berbagai jenis data website dan aplikasi desktop yang sedang dalam proses pengembangan atau dalam pembuatan sebuah aplikasi. Tentu dong mungkin kamu masih bingung dimana aplikasi Xampp bisa didapatkan? Untuk hal tersebut admin akan utarakan mulai dari tempat download, pengertian, fungsi dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Beli Paket by.U Tanpa Aplikasi

Aplikasi atau program XAMPP itu sangat berguna sekali ketika kamu ingin menjalankan pada komputer lokal dalam pebuatan aplikasi salah satunya sebagai solusi bagi kamu yang ingin menjalankan web server dan database di localhost komputer. Fungsi dari Xampp sendiri sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Pengertian Aplikasi XAMPP

Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (tempat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Pengertian Aplikasi XAMPP

XAMPP merupakan sebuah perangkat lunak yang open source atau gratis yang berjalan pada sistem operasi cross-platform (Windows, Linux, MacOS). Semua yang diperlukan untuk mengelola website tersedia di XAMPP seperti Apache, MySQL/MariaDB, PHP, dan Perl. Meski program di dalamnya lengkap, XAMPP tetap merupakan web server yang sederhana dan ringan.

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Reface App

Pada dasarnya untuk imbuhan huruf “X” yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa aplikasi ini bisa dijalankan di empat sistem operasi berbeda, mungkin beberapa diantara kalian sudah mengetahuinya seperti Windows terutama, berikut keempat OS yang dimaksud seperti OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Download Aplikasi XAMPP

Software atau aplikasi XAMPP pertama kali dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friends dan sampai saat ini sudah masuk dalam rilis versi 7.3.9 yang bisa didapatkan secara gratis dengan label GNU (General Public License). Buat kamu yang ingin mendownload aplikasi XAMPP terbaru, bisa menggunakan link yang admin berikan dibawah ini ya teman-teman semuanya. Berikut link unduhan untuk aplikasi XAMPP bisa didapatkan melalui tautan resmi.

Untuk aplikasi XAMPP itu sendiri, bisa kamu download secara gratis melalui link resmi dari Apache Friends, nantinya kamu akan dihadapkan kepada 3 pilihan Operating System atau OS baik itu untuk pengguna Windows, Linux maupun Mac OS X. Banyak sekali kegunaan dari aplikasi ini, mungkin yang paling familiar adalah ketika kamu baru saja belajar Basis Data atau Database, membuat website pada localhost, aplikasi desktop dengan java serta lain sebagainya.

Fungsi Aplikasi XAMPP

Saking banyaknya fitur yang dimiliki oleh XAMPP ini, tentu dong kamu ingin tahu beberapa poin penting yang biasanya banyak orng gunakan, berikut admin rangkum secara jelas dan tuntas mengenai hal tersebut.

  1. Setting Database phpMyAdmin
  2. Install WordPress Offline atau sebagainya

Namun pada dasarnya fungsi utama dari XAMPP yakni sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (tempat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

Fitur XAMPP Apache

Setelah kamu membaca beberapa fungsi dari XAMPP, tentu dong hal menarik lainnya yang harus kamu ketahui tentang fitur-fitur yang dimiliki.

Component Deskripsi Version
Apache Sebagai aplikasi web server default 2.4.47
MariaDB Sebagai sistem manajemen database 10.4.18
PHP Sebagai server side scripting untuk membuat aplikasi berbasis web 7.2.27, 7.3.14, 7.4.2, 8.0.5
phpMyAdmin Sebagai tools untuk menggunakan MySQL berbasis web 5.1.0
OpenSSL Sebagai protokol keamanan 1.1.1
XAMPP Control Panel Untuk mengatur komponen berbeda pada XAMPP 3.2.4
Webalizer Sebagai tools analytics untuk user log dan penggunaan 2.23-04
Mercury Mail Transport System Sebagai email server 4.63
FileZilla FTP Server Untuk melakukan transfer file 0.9.41
Tomcat Digunakan untuk melayani aplikasi Java 8.5.65
Strawberry Distribusi perl yang populer untuk Windows 5.32.0.1

Kesimpulan

admin sudah memberikan rangkuman secara lengkap mulai dari pengertian penggunaan dari aplikasi XAMPP, link download, fungsi serta fitur-fitur yang dimilikinya. Apalagi jika kamu ingin menjadi seorang progrmmer, biasanya sangat familiar sekali dengan aplikasi XAMPP ini. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *