Tambah Lagi, Ini Daftar 15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi

Tambah Lagi, Ini Daftar 15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi РMungkin kamu sudah tahu fungsi utama dari aplikasi PeduluLindungi, PeduliLindungi dibuat oleh pemerintah untuk masyarakat umum seperti mengecek serta mendownload sebuah file yang berisikan bahwa kamu sudah melaksanakan vaksin yang disediakan oleh pemerintah setempat dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga untuk didaftarkan. Namun ternyata beberapa pekan terakhir banyak masyarakat yang mengeluhkan aplikasi tersebut yang terkadang sering mengalami error atau masalah ketika mengakses baik menggunakan aplikasi maupun website dari PeduliLindungi. Hal ini tentu membuat pemerintah mencoba hal baru dengan mengintegrasikan  15 Aplikasi untuk bekerjasama dalam memberikan informasi selain dari PeduliLindungi.

Baca juga : Dream Live Apk, Aplikasi Ijo Bar-Bar Download

Kementerian Kesehatan RI secara resmi telah mengumumkan sejumlah aplikasi yang terintegerasi dengan PeduliLindungi beberapa waktu yang lalu dengan menyatakan bahwa ada 11 aplikasi yang terhubung dengan PeduliLindungi. Namun kini pada bulan Oktober 2021, aplikasi yang terintegrasi bertambah menjadi 15 aplikasi, tentu dong dengan bertambahnya aplikasi tersebut akan membuat masyarakat umum lebih banyak pilihan sehingga bisa saja aplikasi uang sering mereka gunakan ada di ponselnya, jadi jika sudah ada tidak perlu lagi untuk menginstal aplikasi lain.

15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi

“Dengan adanya QR code yang di-scan untuk memulai aktivitas, diharapkan kasus positif bisa sangat cepat diketahui, dan siapa saja yang ada di tempat tersebut, pada waktu tersebut akan sangat membantu proses tracing,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/10/2021). Tentu dong ini membuat terobosan baru yang tidak perlu hanya menggunakan satu aplikasi saja, namun masyarakat umum bisa mendapatkan informasi seluas-luasnya menggunakan beberapa aplikasi yang sudah ajak kerjasama oleh pemerintah.

Daftar 15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi

Berdasarkan informasi dari Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji mengatakan bahwa ada 50 mitra yang sedang melakuakn uji coba dengan QR code PeduliLindungi. Namun, saat ini baru 15 aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi. Sebanyak 35 mitra lainnya secara bertahap melakukan implementasi di bulan Oktober 2021 ini. Sehingga total akan ada 50 mitra yang akan terintergasi dengan peduliLindungi.

  1. Gojek
  2. Grab
  3. Tokopedia
  4. Traveloka
  5. Tiket.com
  6. DANA
  7. Livin’ by Mandiri
  8. Cinema XXI
  9. Link Aja
  10. GOERS
  11. Jaki
  12. BNI Mobile
  13. M-Cash
  14. Shopee
  15. Loket.com

15 aplikasi yang telah resmi terintegerasi dengan PeduliLindungi sudah admin berikan pada ulasan diatas, mungkin dari beberapa aplikasi tersebut, sudah ada pada ponsel kamu sendiri, jadi bisa tidak menggunakan aplikasi dari PeduliLindungi untuk mengecek vaksin baik yang pertama maupun yang kedua.

Baca juga : Apa Yang dimaksud Dengan kelas Maya

Kerja sama dengan 15 aplikasi di atas ditetapkan melalui KMK Nomor HK/0107/Menkes/5680/2021 yang berisi pedoman, tata cara dan landasan terkait pemanfaatan QR code PeduliLindungi hingga keamanan data. Sebelumnya, kata Setiaji, pemanfaatan fitur PeduliLindungi pada aplikasi lainnya juga menjadi solusi bagi masyarakat yang kesulitan mengunduh aplikasi PeduliLindungi karena keterbatasan memori ponsel pintarnya.

NIK Tidak Terdaftar di Pedulilindungi

Mungkin beberapa dari kalian tidak bisa mendaftarkan diri untuk melaksanakan vaksin akibat dari NIK yang belum terupdate di Capil setempat sehingga sangat merugikan dan tidak bisa melaksanakan vaksin baik yang pertama maupun yang kedua teman-teman semuanya. Dengan kejadian NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi bisa menyebabkan kamu gagal mendapatkan vaksinasi atau terlambat mendapatkan dosis kedua yang sudah dijadwalkan.

Baca juga : Download Aplikasi PeduliLindungi

Selain itu, NIK yang sesuai KTP sangat penting untuk mengakses aplikasi dan situs web resmi Pedulilindungi. Mencegah NIK tidak terdaftar di PeduliLindungi dapat meminimalisir data jika kamu tertulis belum divaksin atau divaksin di atas dosis yang seharusnya. Jika kamu mengalami NIK tidak terdaftar di Pedulilindungi, berikut solusi yang bisa kamu lakukan.

  1. Lapor Melalui Aplikasi WhatsApp dengan nomor WA : 0812-1100-0510
  2. Lapor Melalui Email : Pedulilindungi@kominfo.go.id
  3. Panggilan ke Call Center : (021) 3808888 atau call center 119 ext 9

Kesimpulan

Tidak perlu khawatir teman-teman semuanya perihal potensi kebocoran data pengguna jika diintegrasikan dengan aplikasi lain, Kemenkes menyatakan akan memutus Application Programming Interface (API) yang telah terhubung dengan platform yang bersangkutan. Sementara perihal skema integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi lain, Kemenkes mengatakan pada dasarnya mitra aplikasi tak akan menerima keseluruhan data pribadi milik pengguna yang ada di PeduliLindungi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *