Aplikasi O2 Meter, Cara Mengecek Saturasi Oksigen di HP

Aplikasi O2 Meter, Cara Mengecek Saturasi Oksigen di HP – Belakangan ini banyak sekali aplikasi yang sedang naik daun dan viral di kalangan netizen, salah satunya adalah Aplikasi O2 Meter. Sebuah aplikasi teknologi baru telah dikembangkan untuk penguna android dan iOS tentunya, yang selain sangat mudah dibawa kemana-mana. Beberapa pasien yang terkena virus Corona-19 mengalami saturasi oksigen yang menurun. Penurunan saturasi oksigen ini memengaruhi kondisi kesehatan pasien Covid-19 pada saat proses penyembuhan.

Baca juga : Aplikasi Nonton Film Bareng Jarak Jauh Android

Saat wabah pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh penjuru dunia, saturasi oksigen menjadi kata yang kerap disebut-sebut. Apa itu? untuk menjawab hal tersebut tentu kamu harus selesai membaca artikel mengenai aplikasi serta apa maksud dari kata-kata yang belum familiar ditelinga kita sendiri. Pemeriksaan kesehatan ini penting untuk mengetahui kondisi seseorang apakah sedang kekurangan oksigen atau tidak. Tanpa kita sadari sendiri mungkin ada suatu hal yang mengganjal selama ini, terasa seperti baik-baik saja, namun perlu kamu cek kondisi kesehatan badan kamu.

Aplikasi O2 Meter

Saturasi oksigen adalah tolok ukur kesehatan untuk menakar besarnya kadar oksigen dalam aliran darah. Pemeriksaan kesehatan ini penting untuk mengetahui kondisi seseorang apakah sedang kekurangan oksigen atau tidak. Tidak ada salahnya kamu melakukan cek terhadap hal tersebut menggunakan aplikasi yang bisa kamu download dan gunakan melalui layanan google play store maupun app store.

Aplikasi O2 Meter

Aplikasi O2 Meter merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengukur saturasi oksigen dengan menggunakan kamera ponsel yang ditempeli ke tangan pengguna. Melakukan pengecekan sangat mudah sekali teman-teman semuanya, Periksa saturasi oksigen dan detak jantung kamu kapan saja, di mana saja dengan aplikasi Pulse Monitor dan sensor bawaan kamu, bisa kamu lakukan di rumah atau kantor, isa juga saat kamu baru bangun, bersantai, sebelum dan sesudah berolahraga.

Dilansir dari News-Medical, saturasi oksigen adalah tingkat persentase hemoglobin yang terikat oksigen atau oksihemoglobin di dalam darah. Hemoglobin merupakan bagian darah yang bertugas mengikat oksigen dan mengedarkannya ke organ, jaringan, dan sel tubuh. Untuk hal tersebut dapat kamu download dan instal pada ponsel kamu sendiri menggunakan link yang sudah admin berikan diatas. Link tersebut langsung terkait ke tautan link resmi dari O2 Meter Apk.

Cara Mengecek Saturasi Oksigen di HP

Baru-baru ini pihak dari WHO mengimbau seluruh masyarakat dunia, khususnya yang sedang menjalani isolasi mandiri, untuk memiliki oximeter. Alat ini digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan mencegah gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen di dalam tubuh. Namun karena mungkin tidak mau membeli alat tersebut, ada alternatif berupa sebuah aplikasi yang bisa mengecek hal tersebut bernama O2 Meter apk.

  1. Pertama kamu download aplikasi O2 Meter melalui layanan Google Play Store
  2. Jika sudah selesai, silahkan buka aplikasinya, lalu berikan izin aplikasi untuk melakukan akses kamera
  3. Kemudian kamu pilih Oxygen Saturation
  4. Klik pada tombol Start
  5. Letakan jari telunjuk pada bagian kamera sehingga menutupi layar kamera sepenuhnya
  6. Silahkan kamu tunggu selama beberapa menit hingga proses pengecekan selesai pada aplikasi.
  7. Terakhir pastikan kamu mengecek hasilnya.
  8. Selesai.

Caranya cukup mudah bukan teman-teman semuanya, tinggal kamu mendownload dan menginstal aplikasi tersebut pada ponsel kamu sendiri, dan coba melakukan pengecekan. Karena Hemoglobin merupakan bagian darah yang bertugas mengikat oksigen dan mengedarkannya ke organ, jaringan, dan sel tubuh. Aplikasi ini, cocok digunakan terutama bagi pengidap penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, pneumonia, kanker paru-paru, anemia, gagal jantung, serangan jantung, sampai Covid-19. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait apa itu saturasi oksigen, cara mengecek, sampai kadar normalnya. 

Respiration Rate

Alat ukur frekuensi pernafasan (respiration rate) adalah suatu alat yang digunakan untuk memantau frekuensi pernafasan dalam kurun waktu satu menit, pengukuran ini biasa digunakan untuk mediagnosa suatu penyakit. Mungkin kamu harus banyak referensi untuk mengetahui hal tersebut, bisa juga baca-baca secara online melalui website alodokter.

Kesimpulan

Dengan adanya Kadar saturasi oksigen di bawah normal disebut hipoksemia. Tubuh yang kekurangan oksigen ditandai gejala pusing, jantung berdebar kencang, batuk, sesak napas, bingung, dan kulit kebiruan. Penurunan saturasi oksigen di bawah level kritis harus ditangani dengan pemberian oksigen tambahan. Oleh karena itu kamu harus melalukan pengecekan secara mandiri atau langsung konsul ke dokter yang ada ditempat kamu sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *