Apa Yang Dimaksud Dengan Kelas Maya?

Apa Yang Dimaksud Dengan Kelas Maya? – Semenjak mewabahnya pandemi virus corona di Indonesia tentu membuat aktivitas masyarakat masih perlu dibatasi oleh pemerintah, termasuk aktivitas belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Maka dari itu pihak sekolah maupun kampus harus beralih dari tatap muka ke kelas online atau yang sering disebut dengan kelas maya. Kelas maya ini bertujuan untuk melakukan proses belajar mengajar hanya melalui perangkat seperti HP, Laptop maupun komputer. Hal ini untuk mensiasati kelas yang tidak mewajibkan siswa-siswinya masuk ke sekolah.

Baca juga : Fun Flip Apk Penghasil Uang

Dengan kemajuan era digital saat ini, tentu sangat berdampak sekali dengan aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat umum, termasuk juga dalam hal belajar mengajar. Banyak sekali sudah saat ini anak-anak maupun mahasiswa yang sudah punya perangkat, contoh kecilnya adalah smartphone dengan OS android maupun iOS. Apalagi guru pun terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jaringan internet. Untuk membantu mempermudah kegiatan belajar mengajar tersebut, muncul kelas virtual, atau kelas maya.

Pengertian Kelas Maya atau Kelas Virtual

Mungkin masih banyak yang belum tahu arti dari ‘Kelas Maya’ atau memang sedang ada tugas dari guru yang mengharuskan kamu untuk mengetahui apa maksud dari Kelas Maya? Maka dari itu admin sendiri akan menjelaskan tentang pengertian, tujuan serta manfaat ketika kamu dan guru melakukan kelas maya atau dalam istilah bahasa inggris Virtual class.

Pengertian Kelas Maya atau Kelas Virtual

Kelas Maya merupakan lingkungan pembelajaran digital yang memungkinkan guru dan siswa terhubung secara online atau tanpa tatap muka. Kelas maya adalah kelas yang menggunakan video, papan tulis online, dan berbagi layar untuk memungkinkan pengajar mengadakan kegiatan pembelajaran secara langsung dan menciptakan ruang diskusi dengan siswa dalam suasana yang interaktif.

Virtual class merupakan lingkungan belajar yang ada dalam konten digital dapat diakses, disimpan, dan dibagikan melalui Jaringan komputer dan Sistem informasi sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Kelas maya menyediakan Konten bagi pengajar untuk mengunggah bahan ajar sehingga dapat diunduh langsung oleh pelajar yang tergabung di dalamnya.

Jenis-jenis Kelas Maya

Setelah kalian sudah tahu tentang penjelasan Kelas maya tersebut, tentu dong ingin tahu apa saja yang bisa kamu coba dan instal pada perangkat kamu sendiri agar bisa dikatakan Kelas Maya. Untuk itu admin akan membagi beberapa Kelas Maya beserta dengan penjelasannya.

Learning Management System (LMS)

LMS merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang biasanya digunakan untuk masalah administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan materi-materi pelatihan yang membutuhkan koneksi internet atau online.

Learning Content Management System (LCMS)

Learning Content Management System atau disingkat dengan nama “LCMS” merupakan perangkat lunak yang pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS bermanfaat untuk membuat, memperbaharui, melakukan publikasi atau pengelolaan isi dari suatu sistem yang terorganisir di internet atau melalui online.

Social Learning Network (SLN)

Social Learning Network atau disingkat dengan SLN merupakan pengembangan lebih lanjut atau kata lainnya di update ketingkat selanjutnya dari LMS dan LCMS. Social Learning Network “SLN” ini dipakai sebagai pembelajaran yang lebih luas dari kelompok belajar karena memakai jejaring sosial sehingga cakupan siswa-siswinya lebih baik dibandingkan dengan kedua sistem tersebut teman-teman semuanya.

Tujuan Kelas Maya

Kelas maya dibuat dengan konsep sistem online, yang memungkinkan siswa dan guru untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara daring atau online. Pada dasarnyaKelas maya ini dapat disesuaikan dan dapat diakses oleh para pengguna di berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, dan laptop maupun komputer teman-teman semuanya. Maka dari itu berikut tujuan dari adanya Kelas maya atau Virtual Class ini.

Baca juga :

  1. Membuat kegiatan pembelajaran yang bisa berlangsung kapan saja dan di mana saja, dengan menghemat waktu dan biaya.
  2. Meningkatkan keterampilan pemakaian teknologi IT menjadikan lebih kreatif sekaligus menambah minat belajar.
  3. Memaksimalkan kemampuan pribadi walaupun di luar kelas langsung/tatap muka.

Fungsi Kelas Maya

  • Untuk menambah atau melakukan pengayaan pembelajaran “supplement”.
  • Untuk mengganti sebagian pembelajaran “complement”.
  • Untuk mengganti semua pembelajaran “replacement”.

Fitur Kelas Maya

Jika kamu masih ragu dalam hal menjalankan Kelas Maya, tentu dong ingin tahu secara lengkap dan rinci mengenai fitur apa saja yang ditawarkan oleh Kelas Maya ini, berikut admin berikan secara singkat mengenai fitur-fitur yang ada dalam penggunaan Kelas maya atau Daring Online.

  1. Konten yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
  2. Menggunakan metode instruksional.
  3. Dapat diakses dalam bentuk audio-visual.
  4. Proses pembelajaran dapat dilakukan secara autodidak atau diskusi secara langsung dengan instruktur yang ada.

Kesimpulan

Sesuai dengan manfaat serta tujuan dari Kelas Maya ini, tentu dong jika anda sebagai guru ingin mencoba aplikasi tersebut agar memudahkan proses belajar mengejar selama pandemi corona saat ini. Kelas maya harus menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, interaktif, dan dinamis. Hal tersebut antara lain dapat diwujudkan dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik, menyusun bahan ajar yang baik, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi timbal balik antara siswa dan guru. Dalam kelas maya guru dapat memantau perkembangan pencapaian prestasi siswa dengan mengadakan quiz pada konten yang tersedia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *