Apa itu MVC (Model, View, Controller) ?

March 21, 2019 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Web Development


Mungkin ada sebagian teman-teman yang belum tau atau paham tentang arsitektur atau konsep dari Model, View dan Controller disingkat MVC.

Secara sederhana konsep atau arsitektur dari MVC ini adalah memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen, yaitu Model, View, dan Controller. Dengan munculnya konsep MVC, ini sangat membantu  membuat aplikasi yang memisahkan berbagai aspek aplikasi (logika input, logika bisnis, dan logika tampilaan/UI).

Ide besar di balik MVC adalah bahwa setiap bagian dari kode Anda memiliki tujuan, dan setiap tujuan itu berbeda-beda. Ada beberapa bagian menyimpan data aplikasi, beberapa bagian membuat aplikasi terlihat bagus, dan beberapa bagian mengontrol bagaimana fungsi dari aplikasi yang akan dibuat.

Kerangka atau Arsitektur kerja dari MVC ini mencakup komponen-komponen berikut:

MODEL : Model dalam hal ini bertugas atau mewakili struktur data. Tugas dari Model ini yaitu untuk menghubungkan aplikasi dengan basis data atau Database agar dapat melakukan pengolahan data, memasukkan data, pembaruan data dan sebagainya.

VIEW : Views ini bertugas untuk memberikan tampilan.

CONTROLLER : Controller ini bertugas untuk menjembatani Model dan View berdasarkan request atau permintaan dari user. Di dalam Controller berisi berbagai perintah-perintah maupun logika berkomunikasi dengan Model dan menampilkan data ke dalam View.

 

Gambar dibawah ini adalah bagaimana konsep MVC bekerja :

source www.tutorialsteacher.com

 

 

Baca Juga :


Tags: , , , , ,