Apa Itu IGTV ?

June 24, 2018 / Diposting Oleh TondanoWeb.com / Info


Pada beberapa waktu lalu (20/06/2018)  CEO Instagram Kevin Systrom mengumumkan bahwa Instagram meluncurkan salah satu fitur terbaru  yang mereka beri nama IGTV. IGTV ini adalah fitur baru untuk menonton video secara vertikal dan video  berdurasi panjang dari para pengguna Instagram. Meskipun tersedia aplikasi khusus untuk IGTV,  sobat  juga dapat menonton dari dalam aplikasi Instagram.

Source : Instagram.com

 

Kevin Systrom juga mengatakan bahwa IGTV sangat berbeda dalam beberapa hal. Pertama, IGTV ini dibuat untuk bagaimana kita benar-benar menggunakan ponsel yang kita miliki, biasanya kita menonton video dengan tampilan Potrait tapi di IGTV ini kita menonton video dengan tampilan fullscreen dengan tampilan Vertikal. Dan yang paling menarik adalah, video yang diupload tidak sebatas hanya 1 menit seperti Instagram Story tapi kita bisa mengupload video di IGTV dengan durasi hingga 1 jam.

Download Aplikasi IGTV di Google PlayStore

Karena ini masih tergolong platform baru, jadi  untuk sementara durasi video yang bisa di upload adalah  berkisar antara 15 detik hingga 10 menit. Dan jika ingin mengupload video dengan durasi sekitar 1 jam, Akun instagram harus memiliki banyak pengikut dan akun harus terverifikasi serta proses uploadnya harus melalui Website Instagram.

Source : Instagram.com

Instagram mengklaim bahwa saat ini mereka memiliki sekitar 1 miliar pengguna, kemungkinan IGTV ini dapat menjadi populer bagi para Content Creator.  Setelah kemunculan IGTV ini banyak content creator berharap bahwa Instagram dapat membuat opsi monetisasi untuk para content creator IGTV seperti layaknya Youtube.

 

Bagaimana menonton video di IGTV ?

Untuk bisa menikmati fitur terbaru dari IGTV ini sobat harus mendownload aplikasi IGTV di playstore atau bisa juga dengan menguprade versi terbaru dari aplikasi Instagram milik sobat. Buka Aplikasi Instagram di iOS/Android kemudian di dalam tampilan beranda  dan klik icon  di bagian kanan atas.

 

Video-video di IGTV diputar secara otomatis dari satu video milik seseorang ke video yang lain. Untuk melihat video lainnya silahkan menggeser  ke kiri-atau ke kanan. Ketuk dan tahan untuk menjeda video, dan ketuk atau seret scrubber di bagian bawah layar untuk memajukan video. Dalam menonton video sobat juga dapat memberi respon  menyukai, berkomentar, atau mengirimkan video di pesan langsung.

Bagaimana megupload video di IGTV ?

Sebelum kita mengupload video di IGTV sebelumnya kita harus membuat saluran/channel. Saluran yang telah kita buat merupakan tempat dimana orang-orang dapat menonton video yang sudah kita upload ke IGTV.

 

Membuat saluran dan mengupload video aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV:

 

Untuk membuat saluran:

– Ketuk  di kanan atas Feed, atau buka aplikasi IGTV.

– Ketuk  > Buat Saluran dan ikuti petunjuk di layar.

 

Untuk Mengupload video :

– Ketuk  di kanan atas Feed, atau buka aplikasi IGTV.

– Untuk melihat saluran milik sobat, ketuk foto Sobat, yang muncul di sisi kanan Cari IGTV.

– Ketuk  dan pilih video, lalu ketuk Berikutnya.

– Tambahkan judul dan deskripsi. Sobat juga dapat memilih untuk membagikannya ke Halaman Facebook.

– Ketuk Posting.

 

Sebelum mengupload video sobat harus memperhatikan syarat dalam mengupload video di IGTV :

Durasi Video

Durasi video harus berkisar antara 15 detik hingga 10 menit. Untuk mengupload video dengan durasi sekitar 1 jam, akun milik sobat harus punya banyak pengikut dan harus terverifikasi.

 

Jenis File Video

Video harus dalam format file MP4.

 

Rasio Aspek dan Ukuran Video

Video harus vertikal (bukan lanskap/potrait) dengan rasio aspek minimal 4:5 dan maksimal 9:16. Ukuran maksimal  file untuk video berdurasi 10 menit atau kurang adalah 650MB. Ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 60 menit adalah 5,4 GB.

Baca Juga :


Tags: , , ,